Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/04/2022, 03:44 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat memasak dengan panci stainless steel atau panci enamel, terkadang ada saja hal yang terjadi. Salah satunya meninggalkan panci yang sedang digunakan untuk memasak, akhirnya bagian dalamnya gosong.

Jika bagian dalam panci gosong dan berkerak, maka Anda perlu segera mencucinya. Sebab, jika dibiarkan, maka kerak gosong di dalam panci akan membandel dan sulit dihilangkan.

Akan tetapi, jangan khawatir, ada beberapa cara membersihkan bagian dalam panci yang gosong dengan menggunakan bahan yang sudah ada di dapur. Proses membersihkannya pun cukup mudah dan cepat.

Baca juga: Ini Bahaya Meletakkan Panci Besi Cor Berisi Makanan ke Kulkas

Ilustrasi membersihkan panci gosong dengan baking soda. SHUTTERSTOCK/THAMKC Ilustrasi membersihkan panci gosong dengan baking soda.

Namun, sebelum melakukan pembersihan, ingat bahwa tergantung pada bahan panci, Anda dapat merusaknya jika Anda menggunakan scrubber yang terlalu kuat seperti wol baja atau pembersih yang sangat kuat.

Jadi mulailah dengan cara yang paling lembut dan lanjutkan ke sesuatu yang lebih kuat hanya jika perlu. Beberapa cara ini juga tidak dianjurkan untuk wajan atau panci antilengket.

Dilansir The Kitchn, Selasa (12/4/2022), berikut beberapa cara membersihkan bagian dalam panci yang gosong.

1. Menggunakan air panas

Jika Anda memiliki panci stainless steel atau enamel yang gosong, taruh di atas kompor dan nyalakan api. Setelah panci cukup panas sehingga air mendesis di, tuangkan dalam secangkir air dan biarkan mendidih sebentar.

Baca juga: 6 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Panci dan Wajan Stainless Steel

Tambahkan sedikit sabun cuci piring atau soda kue jika Anda mau. Kemudian gunakan sendok kayu atau spatula nilon untuk mengikis area yang gosong sementara air mengendurkannya.

2. Menggunakan lemon

Asam dari dua atau tiga per empat lemon sudah cukup untuk melonggarkan bagian yang gosong dan memerlukan sedikit atau tidak ada pembersihan lanjutan.

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com