Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Membersihkan Noda Pelangi pada Panci Stainless Steel

Kompas.com - 18/01/2022, 07:52 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com Stainless steel menjadi peralatan memasak yang banyak digunakan orang. Alasannya, peralatan memasak stainless steel memiliki daya tahan lebih lama. 

Namun, pernahkah Anda menemukan lapisan atau noda warna-warni seperti pelangi pada panci stainless steel

Baca juga: Cara Membersihkan Peralatan Stainless Steel Pakai Minyak Zaitun

Melansir dari Taste of Home, Selasa (18/1/2022) , sebetulnya lapisan tersebut merupakan suatu yang wajar. Panci stainless steel sering mengandung kromium—logam kokoh—yang membantu menjaganya dari karat atau korosi.

Ini pada dasarnya adalah lapisan pelindung tipis yang berubah warna ketika dikombinasikan dengan udara dan panas tinggi.

Baca juga: 6 Kesalahan Perawatan yang Dapat Merusak Peralatan Stainless Steel

Namun, tak perlu khawatir karena tanda pelangi benar-benar aman. Meski demikian, tanda pelangi itu dapat mengganggu saat memasak sehingga perlu membersihkannya.

Untuk membersihkannya, Anda dapat menggunakan cuka. Kandungan asam dalam cuka dapat bekerja memecah lapisan pelangi yang teroksidasi untuk menjaga panci stainless steel lebih baik serta berkilau seperti sebelumnya. 

Baca juga: 7 Alasan Stainless Steel Baik untuk Peralatan dan Furnitur Rumah

Caranya, tuangkan beberapa cuka putih ke dalam air, kemudian gosok permukaan panci dengan spons non-abrasif secara menyeluruh. 

Setelah menggosoknya, bilas panci dengan air bersih sampai tanda pelangi hilang, lalu mengeringkannya menggunakan lap kering atau membiarkan kering sendiri. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com