Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Semua Panci dan Wajan Cocok Digunakan di Kompor Listrik?

Kompas.com - 11/05/2022, 08:52 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan kompor listrik berbeda dengan kompor gas. Namun demikian, apakah semua panci dan wajan yang cocok digunakan di kompor gas juga cocok untuk kompor listrik?

Dilansir Home Cook World, Rabu (11/5/2022), penggunaan kompor gas sangat sederhana. Nyala api pada kompor akan memanaskan panci dan wajan apapun, terlepas dari bahan dan lapisannya.

Sementara itu, panci dan wajan yang sesuai untuk kompor listrik bergantung pada jenis kompornya dan bagaimana proses transfer panas terjadi ke makanan. Ada tiga jenis kompor listrik, yakni coil-top, smooth-top, dan induksi.

Baca juga: Apa Penyebab Api Kompor Gas Berwarna Oranye atau Merah?

 

Ilustrasi memasak dengan kompor listrik. FREEPIK/VALERIA_AKSAKOVA Ilustrasi memasak dengan kompor listrik.

Secara umum, semua panci dan wajan bekerja di atas kompor listrik coil-top dan smooth-top. Akan tetapi, kompor induksi hanya kompatibel dengan panci dan wajan feromagnetik.

Jenis panci dan wajan apa yang sebaiknya digunakan pada kompor listrik?

Panci dan wajan keramik dan antilengket mencegah makanan menempel ke permukaan, tetapi tidak bertahan selamanya.

Sementara itu, panci dan wajan besi cor dan baja karbon bertahan selamanya, tetapi dilengkapi dengan ritual penggunaan dan perawatan yang rumit karena harus dilapisi dan tidak boleh digunakan untuk memasak makanan asam.

Adapun stainless steel memberi keseimbangan optimal antara kemudahan penggunaan dan daya tahan. Namun, makanan, terutama makanan yang empuk dan lembut seperti telur dan fillet ikan, cenderung menempel di dasarnya, terutama jika Anda tidak menggunakan minyak goreng yang cukup.

Baca juga: Feng Shui Larang Pintu dan Kompor Saling Berhadapan, Kenapa?

Panci dan wajan keramik dan antilengket untuk memasak dengan mudah

Jika Anda mencari pengalaman memasak yang mudah, pilihlah wajan dan panci keramik atau anti lengket. Panci dan wajan ini biasanya terbuat dari aluminium, yang sangat konduktif dengan harga terjangkau yang memungkinkan pemanasan cepat dan merata.

Berkat lapisannya, keramik atau anti lengket, bahkan makanan yang paling lengket pun meluncur di bagian bawah dan samping wajan dan panci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com