Kompas.com - 10/05/2022, 21:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Permukaan peralatan masak atau peralatan elektronik dengan pelapis stainless steel bisa dengan mudah kotor, terkena sidik jari, dan noda. Ini artinya Anda perlu membersihkan permukaan stainless steel secara rutin.

Namun demikian, Anda tidak boleh menggunakan sembarang produk pembersih untuk membersihkan peralatan stainless steel. Produk pembersih yang tidak tepat akan membuat permukaan stainless steel rusak atau tergores.

Dikutip dari The Kitchn, Selasa (10/5/2022), berikut beberapa produk pembersih yang tidak boleh digunakan pada permukaan stainless steel.

Baca juga: Penyebab Wastafel Stainless Steel Berubah Warna dan Cara Mengatasinya

Ilustrasi peralatan masak stainless steel. SHUTTERSTOCK/MAXX-STUDIO Ilustrasi peralatan masak stainless steel.

1. Pembersih kaca yang mengandung amonia

Meskipun beberapa orang merekomendasikan penggunaan pembersih kaca yang mengandung amonia untuk membersihkan sidik jari yang membandel dari permukaan stainless steel, itu bukanlah ide yang baik, bahkan jika Anda membilasnya dengan baik.

Pembersih mengandung amonia cukup keras untuk memecahkan lapisan oksida kromium yang membentuk lapisan pelindung yang membuat stainless steel “tahan karat."

Ketika lapisan ini terganggu, air dapat tertinggal di permukaan dan menyebabkan bekas karat.

2. Sabut wol baja

Sabut wol baja terlalu keras untuk permukaan stainless steel. Bantalannya bersifat abrasif dan dapat meninggalkan goresan pada stainless steel.

Baca juga: 6 Kesalahan Umum Saat Menggunakan Panci dan Wajan Stainless Steel

Selain itu, wol baja dapat meninggalkan partikel kecil yang sebenarnya dapat berkarat di permukaan.

3. Pemutih

Pemutih adalah bahan dasar korosif dan tidak boleh digunakan pada permukaan stainless steel. Sebab, pemutih akan merusak lapisan pelindung dan mungkin menyebabkan karat dan lubang, yang keduanya merusak permukaan peralatan masak stainless steel.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Kitchn
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.