Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Trik Mendekorasi Ruangan Putih agar Tidak Membosankan

Kompas.com - 30/05/2022, 19:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruangan bernuansa putih menampilkan suasana lapang dan bersih. Selain itu, menggunakan palet putih memudahkan Anda berkreasi memilih material, gaya, dan tekstur; memaksimalkan cahaya, dan membuat ruangan tampak menawan. 

Dilansir dari The Spruce, Senin (30/5/2022), berikut cara mendekorasi ruangan putih agar tidak membosankan. 

Baca juga: 5 Pilihan Lantai yang Dapat Mengubah Nuansa Ruangan 

Campurkan gaya dan periode furnitur

Ilustrasi ruang tamu bergaya SkandinaviaShutterstock/LEKSTOCK 3D Ilustrasi ruang tamu bergaya Skandinavia
Sebuah ruangan putih yang dilengkapi dalam satu gaya atau periode furnitur dapat berakhir dengan perasaan dingin dan datar.

Palet putih memudahkan Anda memadukan periode dan gaya furnitur, dari potongan kontemporer, klasik modern abad pertengahan, hingga barang antik.

Memadukan gaya furnitur klasik dan modern dengan aksesoris membuat dekorasi yang menyatu, tetapi tetap menarik serta memberikan tampilan ruangan yang timeless, bernuansa, dan dimensional. 

Baca juga: 6 Kesalahan Tata Letak Ruangan Ini Dapat Mengundang Feng Shui Buruk  

Aksesori dengan banyak tekstur

Untuk menciptakan ruang yang mengundang, pilih aksesori dengan banyak tekstur, di antaranya sofa dengan pelapis putih halus mendapat dimensi tambahan saat disandingkan dengan bantal bertekstur, selimut rajutan besar, dan keranjang anyaman.

Setelah itu, hiasi sofa kulit putih dengan bantal selimut Maroko yang ditenun dengan manik-manik. Selanjutnya, ciptakan kamar tidur yang tenang dengan tirai putih yang lapang, seprai linen putih, serta anggrek krem dan putih.  

Hangatkan ruangan dengan kayu rotan

Hangatkan ruangan putih secara instan dengan bahan alami seperti kayu atau rotan. Dinding putih memungkinkan potongan abad pertengahan bersinar.

Apartemen putih kontemporer tanpa detail arsitektur dapat menjadi kanvas kosong yang ideal untuk meja kayu Skandinavia pucat atau barang antik kayu gelap.  

Baca juga: 6 Dekorasi yang Dapat Membuat Ruangan Tampak Lebih Besar  

Gunakan logam dan cermin

Ilustrasi ruang keluargaUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi ruang keluarga

Logam hangat seperti perunggu, emas, dan tembaga akan menangkap cahaya dan menambahkan kilau menarik ke ruangan putih.

Bahkan detail logam kecil, seperti kaki logam meja kopi, dapat membuat perbedaan. Cermin yang ditempatkan di seberang jendela dan sudut yang hilang akan memantulkan cahaya serta menciptakan kedalaman dan perspektif yang akan meramaikan ruangan. 

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Kualitas Udara di Dalam Ruangan 

Masukkan tanaman

Meletakkan beberapa tanaman seperti philodendron besar, pohon pakis daun biola, kaktus, dan terarium di ruangan putih dapat menghidupkan suasana. 

Jika tidak memiliki tanaman hijau atau mencari sesuatu yang lebih murah perawatannya, gabungkan bantal, tempat tidur, dan tekstil lain bergambar pohon pisang atau pohon palem.

Cara lain, memasang wallpaper bernuansa atau bergambar pemandangan hutan untuk memperoleh nuasan alam. 

Baca juga: 6 Tips Mudah Mencerahkan Ruangan Gelap 

Gunakan warna hitam

Gunakan warna hitam untuk membuat aksen grafis yang mendefinisikan ruangan putih. Untuk tampilan dramatis, sebarkan aksen hitam di seluruh ruangan seperti sketsa hitam-putih berbingkai, perlengkapan pencahayaan hitam industri atau ubin berpola, dan bantal aksen dengan sentuhan hitam.

Jika hitam terasa terlalu mencolok, gunakan abu-abu gelap yang memiliki efek serupa, tetapi lebih lembut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com