Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tips Merenovasi Dapur yang Fungsional dan Nyaman

Kompas.com - 25/05/2022, 17:30 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur lebih dari sekadar backsplash yang menakjubkan atau meja kitchen island yang cantik. Dapur adalah sumber makanan keluarga, kenyamanan, kebersamaan, dan ruang kerja ekstra.

Dapur modern harus sangat fungsional serta memiliki warna, tekstur, dan pencahayaan yang memadai guna menciptakan tempat yang ramah untuk berkumpul, beristirahat, juga bersantai.

Nah, dikutip dari Better Homes and Gardens, Rabu (25/5/2022), berikut tips merenovasi dapur agar fungsional dan nyaman. 

Baca juga: 6 Faktor yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Peralatan Dapur 

Buat rencana ke depan

Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu di dapur. Shutterstock/Breadmaker Ilustrasi dapur, ilustrasi lantai kayu di dapur.
Delia Kenza, desain interior dari Delia Kenza Interiors, menyarankan membuat perencanaan sebelum merenovasi dapur.

"Perencanaan sangat penting untuk memastikan Anda tetap pada anggaran dan mendapatkan semua yang diinginkan. Jadi, luangkan waktu untuk memikirkannya."

Setiap dapur harus memiliki keunikan sehingga luangkan waktu untuk menentukan ruang ideal yang masih dapat dicapai sesuai anggaran Anda.  

Baca juga: 5 Ide Merenovasi Dapur yang Hemat Anggaran

Hilangkan langkah yang sia-sia

Pikirkan tentang bagaimana dan di mana Anda menggunakan barang-barang dapur. Simpan makanan dan mangkuk sarapan di dekat meja sarapan.

Simpan bungkus dan wadah di satu tempat praktis di dekat permukaan area kerja. Simpan peralatan makan serta sendok garpu di dekat mesin pencuci piring untuk memudahkan proses pembongkaran. 

Baca juga: Cara Membersihkan Noda Kuning pada Seprai dengan 2 Bahan di Dapur

Membangun dapur yang dapat diakses 

Ilustrasi dapurUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur
Pikirkan dapur lantai dasar yang menggabungkan oven, laci, dan rak pada ketinggian yang dapat dijangkau.

Ketinggian meja yang berbeda dan ruang yang memadai dapat memudahkan orang-orang bergerak dan berjalan di dapur, bahkan untuk kursi roda bagi mereka penyandang disabilitas. 

"Rumah harus menjadi tempat orang-orang dari semua kemampuan dapat disambut, dihormati, dan disertakan," kata Jennifer Laszlo Mizrahi pendiri RespectAbility, sebuah organisasi nirlaba disabilitas nasional.

Merombak adalah waktu tepat untuk mendesain dapur yang mudah diakses, terutama jika rumah awalnya tidak dibangun dengan tata letak atau desain seperti itu. 

Baca juga: Bolehkah Meletakkan Kulkas Berdekatan dengan Oven di Dapur?

Menggabungkan teknologi dapur 

David Mason, pemilik The Knobs Company, menjelaskan, dari memasang keran pintar di dapur hingga memiliki tempat sampah pintar, penting untuk mendesain dapur secara modern saat merenovasinya.

Dia menyarankan menambahkan Alexa atau konsol rumah pintar lainnya ke dapur serta pencahayaan cerdas. "Pada 2022, merenovasi dapur harus memberi kenyamanan bagi Anda," imbuhnya. 

Baca juga: 4 Cara Menyimpan Sarung Tangan Oven agar Dapur Tidak Berantakan

Desain jalan setapak lebar

Ilustrasi dapur putihUnsplash/Sidekix Media Ilustrasi dapur putih
Jalan setapak di seluruh dapur harus memiliki lebar setidaknya 91 sentimeter. Jalur di dalam zona memasak harus selebar satu meter untuk dapur dengan satu area memasak dan lebar 1,2 meter untuk konfigurasi dua masak.

Saat merencanakan renovasi dapur ini, sesuaikan ukuran meja kitchen island. 

Baca juga: 4 Tips Ampuh Membasmi Rayap di Dapur

Rencanakan izin dapur

Saat mendesain dapur, penting untuk mematuhi izin standar untuk kulkas, oven, kompor, wastafel, dan lainnya.

Selalu berikan jarak 38 sentimeter untuk meja di setiap sisi kompor tanam dan kulkas. Selain itu, "ruang pendaratan" juga penting di dekat microwave; buat zona pendaratan sekitar 38 sentimeter di atas, samping, atau di bawah microwave Anda.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com