Kompas.com - 17/05/2022, 19:20 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rayap merupakan salah satu hama yang tidak hanya mengganggu, tetapi juga bisa berbahaya bagi rumah.

Pasalnya, rayap bisa menghancurkan bangunan rumah dan menghabiskan biaya perbaikan yang mahal. 

Baca juga: Waspada, Ini 4 Tanda Adanya Rayap di Dapur

Namun, lantaran rayap bekerja secara diam-diam, banyak penghuni rumah yang tidak menyadari ancaman itu dan sulit mengindentifikasi keberadannya. Hingga akhirnya, rayap menimbulkan kerusakan parah pada rumah. 

Rayap bisa muncul pada bagian rumah mana pun, termasuk dapur yang merupakan salah satu ruangan di rumah yang memiliki banyak permukaan kayu seperti lemari, rak, dan meja dapur.

Seperti diketahui, rayap adalah pemakan kayu. Serangga kecil ini bisa memakan segala hal di rumah yang terbuat dari material kayu 

Untuk mencegahnya, dikutip dari Expert Home Report, Selasa (17/5/2022), berikut tips membasmi rayap di dapur. 

Baca juga: Catat, Ini 5 Cara Terbaik Membasmi Rayap dari Rumah

Semprotkan asam boraks pada kabinet dapur 

Ilustrasi membasmi rayap di dapur.Shutterstock/Studio Romantic Ilustrasi membasmi rayap di dapur.
Jika menemukan tanda-tanda serangan rayap pada furnitur dapur, Anda tidak perlu panik. Sebaliknya, ambil langkah cepat untuk membasmi rayap di dapur.

Caranya, siapkan larutan bubuk boraks dan air, aduk sampai tercampur rata, lalu oleskan larutan bubuk ke permukaan kayu yang terkena.

Serbuk boraks adalah metode membasmi rayap yang umum digunakan. Metode ini tidak beracun serta membersikan hasil maksimal. Pastikan Anda mengetahui area yang terkena dan menerapkan solusi sebelum terlambat. 

Namun, apabila rayap telah menggerogoti banyak permukaan lemari dapur hingga merusaknya, penyemprotan menggunakan bubuk boraks mungkin tidak efektif. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.