Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah agar Tanaman Bugenvil Berbunga Warna-Warni

Kompas.com - 20/04/2022, 13:11 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki bugenvil yang warna-warni dalam satu tanaman pasti menjadi banyak dambaan pencinta bunga kertas yang satu ini. Hanya saja banyak orang yang belum tahu bagaimana cara menyambung bunga bugenvil.

Mungkin juga kamu sudah tahu langkah-langkahnya, tapi masih sering gagal ketika mengaplikasikan proses penyambungan ranting bugenvil.

Melansir dari channel YouTube Tutorial Grafting, Rabu (20/4/2022) ada beberapa langkah dan tips yang bisa kamu ikuti. Berikut cara mudah membuat bugenvil memiliki bunga warna-warni dalam satu tanaman.

Baca juga: Trik Mengatasi Kerontokan Bunga pada Tanaman Cabai

Memilih bugenvil untuk batang bawah

Pertama yakni memilih bugenvil yang akan digunakan untuk bantang bawah. Kamu bisa melakukan stek untuk membuat tanaman baru.

Pilih jenis bunga bugenvil yang kamu inginkan, misalnya saja ungu. Kemudian potong batang bugenvil ungu yang sudah agak tua dan sehat dengan model potongan meruncing.

Selanjutnya tanam ke dalam pot yang berisi tanah dan kompos lalu siram dengan air. Tunggu sampai stek bugenvil memiliki akar baru dan ranting yang bisa disambung.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari, Bikin Halaman Rumah Lebih Cerah

Memilih entres bunga bugenvil

Bila stek bugenvil yang kamu tanam sudah tumbuh dengan baik. Kini saatnya untuk melakukan penyambungan.

Pilih entres atau ranting dengan jenis bunga yang kamu inginkan, misalnya saja bugenvil putih. Kemudian cari ranting yang berwarna sedikit kecoklatan dan sehat.

Selanjutnya potong kurang lebih 15 cm, kamu juga perlu membuang daun-daun yang ada di ranting tersebut. Lalu kupas atau sayat kedua sisinya sampai runcing membentuk baji.

Baca juga: 9 Bunga Ini Melambangkan Kematian, Apa Saja?

Cara menyambung ranting bugenvil

Ilustrasi tanaman bunga bugenvil. PIXABAY/E. DICHTL Ilustrasi tanaman bunga bugenvil.

  • Siapkan batang bawah, kemudian potong bagian rantingnya kurang lebih sepanjang 6 cm dari bagian batang.
  • Pastikan kamu tak memotong rantingnya terlalu panjang agar nutrisi dari batang segera sampai ke bagian sambungannya nanti.
  • Hilangkan daun yang menempel pada bagian rantingnya. Lalu belah ranting bagian bawah sesuai panjang sayatan pada entres ranting.
  • Kemudian sisipkan entres ranting ke bagian ranting bawah secara hati-hati. Kamu perlu memastikan bila bagian sayatan entres menyatu dengan sempurna dengan ranting batang bawah.
  • Selanjutnya lilit sambungan dengan plastik. Kamu bisa menggunakan jenis tali lain, asal bisa merekatkan sambungan.
  • Tutup sambungan menggunakan plastik yang sudah dibasahi dengan air. Lalu ikat bagian bawah plastik agar tak lepas.
  • Jangan lupa untuk memotong ranting sebelahnya agar bisa tumbuh selaras dengan ranting sambungan.

Baca juga: Ketahui, Ini Waktu Terbaik Menanam Bunga Dahlia agar Tumbuh Subur

Cara merawat sambungan bunga bugenvil

  • Setelah selesai melakukan penyambungan, simpan tanaman ke tempat teduh atau gelap. Usahakan agar sambungan bugenvil tak terkena sinar matahari.
  • Tunggu 2 minggu sampai 1 bulan. Bila proses penyambungan berhasil, maka akan mengeluarkan tunas baru.
  • Apabila tunas baru sudah muncul, buka plastik yang menutup bagian sambungan. Kemudian simpan kembali ke tempat yang teduh selama 1-3 hari.
  • Kalau ranting-ranting pada sebelah sambungan kembali tumbuh tinggi, pangkas lagi agar bisa seimbang dengan ranting sambungan.
  • Selanjutnya tinggal tempatkan bunga bugenvil di tempat terbuka dan penuh dengan sinar matahari. Kamu bisa membuka lilitan sambungan pada ranting jika usia penyambungan sudah memasuki 3 bulan.

Bila kamu ingin membuat bugenvil warna-warni, tinggal sambung saja beberapa jenis warna bunga dengan langkah-langkah di atas secara bersamaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com