Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Memilih Cat Dinding untuk Kamar Tidur Sempit agar Terlihat Luas

Kompas.com - 06/04/2022, 17:52 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Memiliki ruangan kecil terkadang menimbulkan rasa tak nyaman, sehingga membuatmu berharap untuk memiliki kamar yang lebih luas.

Namun, merenovasi kamar agar lebih besar tentunya membutuhkan biaya yang tak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menciptakan sebuah ilusi mata dengan bermain warna pada ruangan yang kecil atau sempit.

Berikut ini cara menggunakan ilusi warna pada ruangan sempit agar terasa lebih luas yang telah dilansir dari Martha Stewart, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: 5 Warna Cat Kamar Tidur yang Menenangkan, Bikin Tidur Nyenyak

Memilih warna plafon yang tepat

Langkah pertama dengan memilih warna cat plafon. Kamu bisa menggunakan rentang warna yang sama dengan warna dinding.

Cara ini akan membuat mata tidak tahu di mana sekat antara dinding dan plafon sehingga membuat ruangan terasa lebih luas.

Kamu juga bisa menciptakan ilusi warna yang ekstrem dengan mengecat plafon dengan warna dinding di bagian tepinya. Lalu menggunakan cat warna putih untuk plafon bagian dalam.

Baca juga: Ide Kombinasi Dua Warna Cat Kamar Tidur, Beri Efek Menenangkan

Cara tersebut akan menciptakan ilusi plafon yang lebih tinggi. Sehingga membuat ruangan terasa luas. Teknik ilusi ini cocok untuk ruangan yang memiliki plafon rumah yang rendah.

Menggunakan kombinasi warna kontras

Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding kuning. SHUTTERSTOCK/PIXEL-SHOT Ilustrasi kamar tidur dengan warna cat dinding kuning.

Membuat ruangan sempit menjadi luas kerap sekali dengan mengaplikasikan warna solid putih. Namun, kamu juga bisa menggunakan kombinasi warna untuk membuat ilusi luas pada sebuah ruangan.

Caranya dengan menggunakan kombinasi warna yang sangat kontras seperti hitam dan putih. Di mana kedua warna yang kontras ini bisa saling menonjolkan warna yang lain. Sehingga menciptakan ilusi luas pada ruangan.

Baca juga: 5 Pilihan Warna Cat Kamar Tidur Terbaik untuk Pria

Memilih warna cat dinding gelap

Menggunakan warna cat yang gelap seperti abu-abu atau arang juga bisa membuat ilusi ruangan yang luas. Hal ini karena warna ruangan yang gelap mengaburkan batas-batas pada ruangan.

Selain itu, cat dinding yang gelap bila terkena cahaya lampu bisa menciptakan nuansa sejuk dan santai.

Sehingga cocok bila digunakan untuk membuat ilusi di kamar tidur yang sempit karena berguna untuk meningkatkan rasa nyaman saat tidur.

Baca juga: 7 Warna Cat Kamar Tidur Pembawa Energi Positif Menurut Feng Shui

Membuat dinding lebih mengkilap

Cara selanjutnya dengan membuat dinding lebih mengkilap. Kamu bisa memilih cat yang glossy sehingga membuat dinding tampak mengkilap.

Dengan begitu cahaya yang masuk ke ruangan sempit bisa dipantulkan oleh dinding yang glossy. Kamu bisa menggunakan teknik ini di ruangan seperti dapur dan kamar mandi.

Cat yang mengkilap ini juga tahan akan kelembapan. Jadi, sangat cocok bila digunakan di area dapur dan kamar mandi yang sering terkena air.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com