Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 18/03/2022, 13:51 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Air fryer adalah peralatan elektronik dapur yang semakin populer di masyarakat dan penggunaannya pun semakin meluas. Air fryer tidak hanya memungkinkan kita menggoreng tanpa minyak, namun juga mengolah makanan lainnya.

Meskipun cara menggunakan air fryer tampak mudah dan sederhana, namun ada beberapa kesalahan umum yang kerap dilakukan orang. Beberapa kesalahan tersebut bahkan tampak sepele, tetapi bisa memengaruhi kinerja air fryer.

Dilansir Insider, Jumat (18/3/2022), berikut beberapa kesalahan umum saat menggunakan air fryer.

Baca juga: Minyak Goreng Langka, Tren Penjualan Air Fryer Meningkat Tajam

Ilustrasi air fryer. SHUTTERSTOCK/ENJOY THE LIFE Ilustrasi air fryer.

1. Memenuhi wadah

Meskipun tergoda untuk memasukkan semua bahan ke dalam air fryer sekaligus dengan harapan dapat memanaskan kembali atau memasak makanan dengan cepat, Anda benar-benar perlu menghindari pengisian wadah air fryer secara berlebihan.

"Karena berfungsi sebagai oven konveksi dengan memutar udara panas di sekitar keranjang, Anda ingin memberi ruang bagi setiap bahan agar udara ini mengenainya di semua sisi," kata Byron Puck, chef di Wolfgang Puck Fine Dining Group.

Puck mengatakan, memasukkan terlalu banyak makanan ke dalam wadah air fryer dapat berdampak negatif pada kualitas hidangan karena bebisa menjadi lembek dan bukannya renyah.

2. Memasukkan makanan dengan kondisi permukaan basah

Cara lain untuk menghindari makanan lembek saat dimasak di air fryer adalah dengan memastikan bahwa permukaan makanan kering sebelum Anda menggorengnya.

Baca juga: Catat, 4 Makanan yang Tidak Boleh Digoreng Menggunakan Air Fryer

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com