Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Menghilangkan Bau Tak Sedap di Dalam Rumah

Kompas.com - 04/03/2022, 20:12 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketika ada aroma tak sedap di dalam rumah, kebanyakan orang akan langsung menyemprotkan pewangi ruangan untuk menghilangkan bau.

Bau tak sedap sering kali menunjukkan adanya permasalahan di rumah seperti kebersihan, kelembapan, dan kuman. 

Baca juga: 6 Penyebab AC Mengeluarkan Bau Tak Sedap

Bau tersebut cenderung berkembang seiring waktu seperti ketika molekul aroma dari tubuh hewan peliharaan terperangkap di sekitar rumah. Sayangnya, ketika bau ini menumpuk, banyak orang tidak menyadarinya.

"Otak kita dilatih untuk memperhatikan aroma baru," kata Emily Calandrelli, pakar sains dan pembawa acara Emily's Wonder Lab di Netflix, dilansir dari Better Homes and Gardens, Jumat (4/3/2022). 

Terlepas dari jenis baunya, berikut ini cara menghilangkan bau tak sedap di dalam rumah. 

Baca juga: Cara Membersihkan dan Mencegah Bau Kucing di Rumah 

Fokus pada kualitas udara

Jika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.SHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Jika penyebab tenggorokan gatal adalah udara kering atau alergi, humidifier atau pelembab udara dapat membantu sebagai cara mengatasi tenggorokan gatal.
Tonya Harris, ahli racun lingkungan mengatakan rumah-rumah yang dibangun dalam beberapa dekade terakhir lebih tertutup rapat sehingga memungkinkan lebih sedikit pertukaran udara.

"Jadi, buka jendela sebagai bagian kebiasaan dari rutinitas pembersihan Anda," kata Harris. 

Gunakan humidifier atau pembersih udara membersihkan udara serta menghilangkan bau. Pilih humidifier yang memiliki filter arang untuk membantu menetralkan bau, filter HEPA untuk alergen, dan monitor kualitas udara.

CADR (tingkat pengiriman udara bersih) unit memberi tahu Anda berapa banyak udara yang disaring per menit dalam ukuran persegi tertentu. 

Baca juga: Wastafel Dapur Bau? Atasi dengan 4 Cara Ini 

Rawat gorden, karpet, dan pelapis lainnya 

Vakum dan cuci karpet, gorden, dan pelapis lainnyasecara teratur untuk menghilangkan berbagai bau yang menempel. Dengan demikian, membuat ruangan kembali segar. 

Bersihkan tempat sampah dapur

Ilustrasi tempat sampah, memisahkan sampah.SHUTTERSTOCK/ALEKSANDRA SUZI Ilustrasi tempat sampah, memisahkan sampah.
Saat memasak, nyalakan kipas ventilasi untuk mengalirkan udara serta menyaring bau dan racun. Sering-seringlah mengosongkan tempat sampah secara rutin.

Aturan yang sama berlaku untuk sampah daur ulang, sering mengosongkan dan mendisinfeksi tempat sampah. Setiap beberapa kali dalam setahun, cucilah tempat sampah secara menyeluruh dengan sabun dan air. 

Baca juga: Cara Membersihkan Kulkas agar Tidak Bau dan Jadi Sarang Kuman

Bersihkan juga saluran air. Caranya, campurkan masing-masing satu cangkir baking soda dan cuka, lalu tuangkan ke saluran pembuangan, diamkan selama satu jam, dan siram dengan air hangat.

Selain itu, bisa juga menggunakan kuli jeruk. Tambahkan kulit jeruk dan secangkir es ke dalam saluran pembuangan air sambil mengalirkan air dingin.

Kemudian, gunakan sikat gigi bekas untuk membersihkan bagian bawah pelindung percikan karet saluran pembuangan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Jamur dari Pakaian  

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com