Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Area di Rumah yang Berpotensi Menimbulkan Bau Tak Sedap

Kompas.com - 10/02/2022, 12:50 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Selama persebaran Covid-19, rumah beralih fungsi menjadi ruang kantor, ruang bermain anak, dan ruang bersekolah.

Tentunya, Anda menginginkan aroma rumah atau ruangan yang menyegarkan agar kegiatan selama di rumah menjadi menyenangkan.

Namun, nyatanya tak demikian, sebaliknya, rumah malah berbau tak sedap namun Anda pun kebingungan dari mana asal bau tersebut?

Baik itu washtafel yang bau, bau saluran pembuangan kamar mandi yang misterius, hewan peliharaan, anak-anak, atau bahkan kelembapan yang tidak diinginkan, ada banyak efek samping dari kehidupan sehari-hari yang dapat memenuhi rumah Anda dengan aroma yang kurang menyenangkan.

Untuk menghilangkan dan mencari tahu sumber bau tak sedap tersebut, sebaiknya cek 6 area berikut ini! Melansir dari Real Simple pada Kamis (10/02/2022) simak 8 area yang berpotenti menimbulkan bau di rumah.

Baca juga: 5 Cara Menghilangkan Bau Kucing dari Dalam Rumah

Tong sampah

Tumpahan dan remah-remah kecil dapat menumpuk dari waktu ke waktu dan membentuk bau tak sedap di dalam kantung sampah.

Oleh sebab itu, Anda harus mengosongkan tempat sampah yang ada di dalam rumah secara teratur.

Untuk membersihkan kaleng dengan benar, semprot dengan pemutih encer dan biarkan selama beberapa jam, kata Abe Navas, manajer umum layanan pembersihan rumah Emily's Maids di Dallas, Texas. Bilas dengan banyak air, lalu gunakan sabun untuk mencucinya.

Baca juga: Cara Membersihkan dan Menghilangkan Bau pada Talenan Secara Alami

Hewan peliharaan

Ilustrasi kucing - Seekor kucing yang sedang berada di dalam litter box.SHUTTERSTOCK / sandyman Ilustrasi kucing - Seekor kucing yang sedang berada di dalam litter box.

Meskipun hewan peliharaan sudah seperti keluarga atau sahabat sendiri, tapi mereka juga bisa jadi sumber bau tak sedap dalam rumah. Terlebih ketika bulunya rontok, itu bisa menumbuhkan bakteri dan berbau tak sedap.

Untuk mengatasinya, mandikan hewan peliharaan Anda sesering mungkin, dan juga bersihkan tempat mereka tidur dan makan seminggu sekali dengan sabun dan air (tanpa bahan kimia keras). Juga vakum di bawah tempat tidur dan sofa untuk menghindari penumpukan rambut dan bau.

Baca juga: Tips Membuat Pakaian Bebas Bau di Dalam Lemari

Pakaian basah

Jangan menaruh keranjang pakaian kotor di kamar mandi. Sebagai gantinya, simpan di kamar tidur Anda atau lemari lain di mana ia tidak akan terkena uap dari bak mandi dan pancuran.

“Di lingkungan yang lembab, bakteri tumbuh, dan itulah yang membuat tempat itu bau,” kata Navas. Jika Anda memiliki pakaian kotor yang basah, cucilah secepatnya.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau di Gelas Plastik

Seperai

“Kita semua pernah mendengar bahwa kita tidak bisa mencium bau rumah kita sendiri, dan itu karena baunya seperti tubuh kita,” kata Snyder. Kotor, kan?

Salah satu pelaku khusus dalam kasus ini adalah seprai Anda, yang menjadi tenggelam dalam minyak dan kotoran tubuh Anda sendiri ketika Anda tidak mencucinya secara teratur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com