Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Langkah Mudah Mengatasi Kipas Angin yang Tak Mau Menyala

Kompas.com - 27/02/2022, 12:38 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Kipas angin menjadi pilihan yang tepat bagi rumah tangga karena fungsi dan juga harganya yang terjangkau.

Dibandingkan dengan AC, kipas angin juga hanya membutuhkan daya listrik yang sedikit sehingga lebih hemat listrik.

Dengan menambahkan kipas angin dirumah, kamu akan mendapatkan sirkulasi udara yang lebih baik dan juga angin yang segar. Agar kipas angin awet dan dapat bekerja secara maksimal, perawatan perlu dilakukan.

Melansir dari New Air, Minggu (28/2/2022), ada kalanya kipas angin tak mau menyala saat akan digunakan baik karena aliran listrik ataupun karena motor kipas yang tersangkut kotoran.

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kipas yang tak mau menyala.

Baca juga: Trik agar Kipas Angin Mampu Mendinginkan Ruangan

Langkah 1: Periksa bagian kabel

Langkah awal yang harus kamu lakukan saat kipas angin tidak menyala adalah periksa apakah kabel sudah terpasang dengan benar atau belum.

Getaran dari motor kipas dapat melonggarkan steker dari stop kontak.Jika steker terus jatuh, mungkin sebaiknya ganti stop kontak agar pas dan bagus.

Jika kamu mendengar suara dari kipas angin namun kipas tidak berfungsi, tandanya kipas mendapatkan aliran listrik. Untuk memecahkan masalah ini kamu bisa langsung ke langkah nomor 6.

Baca juga: Cara Termudah Membersihkan Debu Kipas Angin agar Berfungsi Maksimal

Langkah 2: Periksa pemutus sirkuit

jika kabel terpasang tetapi tidak terjadi apa-apa saat kamu menyalakan kipas angin, periksa apakah ada aliran listrik ke stopkontak. Untuk melakukan ini, buka panel pemutus dan lihat apakah pemutus sirkuit dalam keadaan hidup.

Jika pemutus sirkuit dalam keadaan mati, coba hidupkan kembali lalu nyalakan kipas angin. Jika kamu menggunakan kipas tua masalah ini bisa terjadi, pemutus sirkuit akan mati saat kamu menyalakan kipas angin.

Jika ini masalahnya, yang terbaik adalah beli kipas baru dengan fitur keamanan tambahan untuk mencegah korsleting dan mengurangi risiko kebakaran listrik di rumah.

Baca juga: Kipas Angin Gantung di Kamar Tidur, Apakah Bagus Menurut Feng Shui?

Langkah 3: Periksa stop kontak

Ilustrasi stop kontak listrik.PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi stop kontak listrik.

Jika sudah mencoba kedua langkah ini tetapi kipas masih tidak berfungsi, coba colokkan kipas ke stopkontak yang berbeda. Jika berhasil, ini tandanya kamu mengalami masalah kelistrikan.

Kamu dapat menguji aliran daya ke stopkontak dengan membeli tester stopkontak yang murah. Hubungi teknisi listrik untuk meminta bantuan jika tidak ada listrik pada stop kontak.

Baca juga: Tips Aman Menggunakan Kipas Angin Saat Tidur

Langkah 4: Periksa sekering

Beberapa jenis kipas angin memiliki sekering thermal untuk keamanan. Sekering ini dirancang untuk memutuskan sambungan listrik ketika terlalu banyak listrik menyebabkan kipas menjadi terlalu panas.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com