Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Ide Menggunakan Rotan Sebagai Dekorasi Rumah

Kompas.com - 02/02/2022, 14:06 WIB
Nabilla Ramadhian,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com – Berbicara tentang rotan, mungkin kamu lebih familiar dengan kursi rotan untuk anak-anak yang dapat ditaruh di atas motor matic atau penutup makanan.

Namun, melansir My Domaine, Rabu (2/2/2022), rotan juga bisa digunakan sebagai furnitur untuk mendekorasi rumah agar terlihat lebih indah. Berikut ide menggunakan furnitur rotan sebagai dekorasi rumah.

Baca juga: Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Furnitur Rotan

Penambah tekstur ruangan

Ilustrasi rotan.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi rotan.

Desainer dari JLK Interiors, Jamie King, mengatakan bahwa rotan dapat menambahkan tekstur dan dimensi saat digunakan sebagai dekorasi rumah.

Selain itu, jika ruangan mengusung nuansa pantai, rotan menjadi pilihan tipe furnitur yang tepat karena memberi keanggunan pantai yang sempurna. 

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruangan di Rumah dengan Furnitur Rotan

Menciptakan ruang makan yang hangat

Desainer dari Interior Impressions, Amy Leferink, menuturkan, ada dua alasan  menggunakan rotan untuk dekorasi rumah, yaitu tahan lama dan serbaguna. “Rotan tidak akan pernah ketinggalan zaman,” ujar Leferink.

Jadi, kamu bisa menggunakan rotan untuk menciptakan ruang makan yang hangat seperti menambahkan satu set kursi makan rotan.

Agar ruangan semakin terasa hangat, pemilik JL Design, Jessica Davis, menyarankan memilih furnitur rotan berwarna netral. 

Baca juga: Cara Merawat dan Membersihkan Furnitur Rotan

Menghadirkan nuansa liburan

Ilustrasi rotan.SHUTTERSTOCK / Followtheflow Ilustrasi rotan.

Tidak selamanya desain furnitur rotan terlihat kuno dan memberikan nuansa khas rumah nenek. Ada juga furnitur rotan berdesain unik yang dapat menghadirkan nuansa liburan ke dalam rumah. 

Misalnya saja, furnitur rotan yang dilengkapi bantal dekoratif berpola lucu. Kamu tinggal menaruh tanaman tropis saja di dekatnya agar nuansa liburan semakin terasa.

Baca juga: 5 Ide Dekorasi Ruangan dengan Keranjang Rotan

Membuat ruangan lebih santai

Selain menambahkan tekstur, Founder Living with Lolo, Lauren Lerner, menjelaskan, rotan dapat membuat ruangan terasa lebih santai pada ruang tamu modern.

“Menambahkan desain unik dan tekstur dari kursi-kursi rotan menambahkan banyak sekali daya tarik visual pada ruangan tersebut,” tutur Lerner.

Bahkan, kamu dapat menaruh furnitur rotan di ruang kerja seperti kursi rotan karena rotan adalah pilihan baik untuk ruangan dengan desain apa pun.

Baca juga: Tips Membersihkan Furnitur dari Rotan

Membuat plafon semakin unik

Ilustrasi rotan.SHUTTERSTOCK / Galina F Ilustrasi rotan.

Cobalah menggunakan furnitur rotan untuk menghias plafon seperti lampu gantung plafon jenis pendant yang tudungnya terbuat dari rotan.

Tudung rotan yang menampilkan anyaman rumit dan sangat rinci akan terlihat indah untuk menghias plafon ruang dapur atau ruangan lain sesuai selera. 

Baca juga: 5 Rekomendasi Kursi Rotan untuk Teras Rumah

Menampilkan ruangan penuh rotan

Saat ingin menjadikan furnitur rotan sebagai dekorasi rumah, jangan terpaku pada satu jenis furnitur seperti kursi saja.

Untuk mendekorasi ruang tamu, misalnya, cobalah kreasikan pilihan rotan dengan menampilkan kursi kecil dan lampu

 

Jika memiliki anggaran lebih, kamu dapat menambahkan meja kopi jenis rotan agar ruang tamu terlihat semakin mewah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com