Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Feng Shui, 5 Tata Letak Kamar Tidur Ini Harus Dihindari

Kompas.com - 02/02/2022, 12:52 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kamar tidur memainkan peran sangat penting dalam feng shui rumah karena tata letak kamar tidur yang buruk akan menciptakan dampak negatif pada energi pribadi Anda.

Selain itu, tata letak kamar tidur juga dapat mempengaruhi hubungan dan kesehatan Anda. Tempat tidur adalah furnitur paling penting dalam hidup yang harus dijaga dengan baik. 

Baca juga: Feng Shui Larang Penempatan Tanaman Palsu di Dalam Rumah, Mengapa?

Mengingat, di kamar tidur, Anda menghabiskan sepertiga atau sekitar enam sampai delapan jam setiap hari sehingga memiliki hubungan erat dengan energi pribadi. 

Untuk membuat kamar tidur memiliki feng shui yang baik, Anda harus mengetahui penempatan yang buruk serta tata letak yang harus dihindari. 

Melansir dari Feng Shui Beginner, Rabu (2/2/2022), berikut lima tata letak kamar tidur yang harus dihindari menurut feng shui. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Menata Kamar Tidur 

Tempat tidur di bawah jendela

Ilustrasi kamar tidur di bawah jendelaSHUTTERSTOCK/HENDRICKSON PHOTOGRAPHY Ilustrasi kamar tidur di bawah jendela
Saat tidur pada malam hari, kita membutuhkan dukungan dan perlindungan yang kuat untuk memperoleh kualitas tidur. Itulah mengapa feng shui selalu menyarankan tempat tidur memiliki sandaran dan dinding di belakangnya yang kokoh. 

Jika Anda tidur di bawah jendela, kualitas tidur akan terpengaruh secara negatif karena terganggunya Chi dari luar lingkungan sekitar.

Dengan posisi kepala tepat di bawah jendela, cahaya yang masuk akan mempengaruhi tidur  dan membuat kurang aman. 

Begitu pun ketika tinggal di dekat jalan yang sibuk, Anda juga akan terpengaruh oleh kebisingan dan polusi udara. Semua faktor ini akan berdampak buruk pada kesehatan serta membuat energi mudah terkuras sebagai hasil yang tidak diinginkan. 

Baca juga: Trik Dekorasi Kamar Tidur Kecil agar Terasa Lebih Luas dan Fungsional 

Tempat tidur di bawah plafon yang miring 

Tidur di bawah plafon dapat membuat energi Anda terus-menerus di bawah tekanan, yang pada gilirannya menyebabkan mudah merasa tertekan dan memiliki energi lemah. 

Dalam jangka panjang, situasi ini akan mempengaruhi kondisi mental dan kesehatan Anda secara keseluruhan, jadi hindarilah tata letak ini dengan cara apa pun. 

Baca juga: 10 Tips Feng Shui Ruang Tamu untuk Mendatangkan Energi Positif 

Tempat tidur menghadap cermin besar

Ilustrasi cermin di kamar tidur anakSHUTTERSTOCK/NEW AFRICA Ilustrasi cermin di kamar tidur anak
Memiliki cermin besar yang menghadap langsung ke tempat tidur akan mengatur energi pribadi Anda dan menyebabkan kualitas tidur yang buruk.

Selain itu, posisi ini membuat Anda takut dengan bayangan diri sendiri ketika bangun pada tengah malam dan diyakini bahwa energi tersebut dapat menyebabkan pihak ketiga campur tangan dalam hubungan.

Jika benar-benar membutuhkan cermin di kamar tidur, pasanglah di dalam lemari dan gunakan kapan pun diperlukan.

Baca juga: 10 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mendekorasi Kamar Tidur Anak

Tidur dengan kaki menghadap pintu kamar tidur 

Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijauSHUTTERSTOCK/Photographee.eu Ilustrasi kamar tidur ala Korea, Ilustrasi kamar tidur dengan cat dinding hijau
Dalam feng shui, tata letak kamar tidur ini juga dikenal sebagai “coffin bed” karena posisi ini terlihat mirip dengan tubuh yang sedang digendong.

Terlepas dari hal menakutkan ini, posisi ini adalah energi keras yang keluar-masuk ruangan yang menyebabkan ketidakstabilan aliran Chi, yang pada gilirannya mempengaruhi kesehatan Anda.

Untuk menghindari hal tak inginkan, cara terbaik adalah memindahkan tempat tidur ke posisi lain. Jika tidak, gunakan alas kaki atau sekat di antara ruang. 

Baca juga: 9 Tips Menata Balkon untuk Menarik Kekayaan ke Rumah Menurut Feng Shui

Pintu kamar mandi menghadap tempat tidur

Beberapa kamar tidur memiliki kamar mandi di dalamnya. Namun, pastikan pintu kamar mandi tidak menghadap tempat tidur karena itu akan berdampak negatif pada kesehatan karena bau busuk dan udara yang bersirkulasi di sekitar area tersebut. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com