Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 31/12/2021, 20:37 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Lalat merupakan salah satu serangga yang kerap hinggap di berbagai permukaan di rumah. Kehadiran lalat bisa mengkhawatirkan, sebab dapat menyebarkan berbagai penyakit.

Akan tetapi, sebenarnya tidak sulit untuk membasmi lalat di rumah. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan, baik berupa langkah pencegahan maupun pembasmian.

Dikutip dari The Spruce, Jumat (31/12/2021), berikut beberapa cara membasmi lalat di rumah dengan mudah.

Baca juga: Benarkah Garam Bisa Membasmi Jamur di Rumah?

Ilustrasi lalat buahShutterstock/Ant Cooper Ilustrasi lalat buah

1. Hilangkan sumber makanan lalat

Cobalah untuk melihat rumah seperti seekor lalat melihatnya. Piring kotor di wastafel dapur, tempat sampah dan tempat sampah yang tidak tertutup rapat, serta mangkuk makanan hewan yang setengah kosong merupakan sumber makanan bagi lalat.

Telusuri ruangan demi ruangan di rumah, dan lakukan apa yang perlu Anda lakukan untuk mematikan prasmanan. Ingat, jangan lakukan hanya sesekali.

Untuk menjaga rumah bebas lalat, biasakan melakukan pemeriksaan lalat mingguan atau dua mingguan, misalnya pada hari pengumpulan sampah.

2. Bersihkan tempat aktivitas hewan peliharaan

Lalat bertelur 75 hingga 150 telur sekaligus, dan mereka lebih suka bertelur di kotoran. Karena telur lalat akan menetas dalam waktu 8 hingga 20 jam, bayangkan berapa banyak lalat yang akan ada di tempat aktivitas hewan peliharaan, misalnya kotak pasir kucing atau tempat anjing Anda buang air.

Baca juga: 5 Tanaman Terbaik untuk Membasmi Nyamuk di Rumah

Penting untuk menjaga kebersihan hewan peliharaan Anda setiap hari, dan pastikan untuk menjaga kandang mereka juga bersih.

3. Cari tahu bagaimana lalat masuk ke dalam rumah

Normal bagi beberapa lalat untuk masuk dari pintu yang terbuka. Namun, jika Anda melihat banyak lalat di rumah, Anda perlu mencari tahu bagaimana mereka masuk.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com