Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/12/2021, 23:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan oven dianggap sebagai salah satu pekerjaan rumah yang paling tidak menarik sama dnegan membersihkan kloset. Hal itu karena melelahkan dan cukup merepotkan. 

Namun, oven yang bersih dan berkilau sangat penting untuk memastikan dapur berjalan dengan lancar, menghemat pengeluaran energi di rumah, serta membuat makanan yang dipanggang terasa lebih enak.  

Baca juga: Tak Sulit, Begini Cara Tepat Membersihkan Semua Bagian Pintu Oven

Akan tetapi, banyak pemilik rumah yang tidak mengetahui kapan oven perlu segera dibersihkan sehingga membuatnya oven sangat kotor ketika membersihkannya. 

Membersihkan oven bisa dilakukan setiap tiga bulan sekali, terutama buat oven yang jarang digunakan. Bila sering digunakan, Anda bisa membersihkan oven setiap sebulan sekali.

Nah, Ivelina Ivanova, ahli kebersihan di Fantastic Services—perusahaan pembersihan— membagikan lima tanda yang menunjukkan sudah waktunya membersihkan oven dikutip dari Real Estate, Kamis (23/12/2021). 

Baca juga: Cara Membersihkan Pintu Kaca Oven Berminyak dengan Baking Soda 

Asap keluar dari oven

Agar awet, bersihkan oven secara manual beberapa bulan sekali.Unsplash/Stefan C Asafti Agar awet, bersihkan oven secara manual beberapa bulan sekali.
Munculnya asap di dapur bukan pertanda baik. Apabila oven mulai mengeluarkan bau asap, inilah saatnya segera bertindak.

“Sisa makanan dan lemak yang menumpuk dapat membakar dan mengeluarkan asap, yang tidak hanya merusak rasa makanan, tetapi juga dapat membahayakan kesehatan,” kata Ivelina. 

Baca juga: Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

Oven mengeluarkan bau tak sedap 

Bau tidak sedap yang keluar dari oven memberi tahu bahwa sudah waktunya membersihkan oven. 

“Residu sisa makanan juga akan menghasilkan asap yang akan membuat makanan terasa pahit dan kuat saat dimasak.”

Tentu saja tak ada yang menginginkan hal itu. Jadi, segera membersihkan oven. 

Baca juga: Mengenal Oven Dutch dan Alasan Perlu Memilikinya di Dapur

Tidak dapat melihat bagian dalam oven

Tanda lain yang menunjukkan oven harus segera dibersihkan adalah tidak dapat melihat rak oven melalui pintu. 

“Anda tentu tidak ingin semua lemak dan kotoran itu masuk ke makanan. Ya, suhu tinggi akan membunuh bakteri apa pun dari puing-puing, tapi tetap saja membuat kotor oven. 

Baca juga: Harus Tahu, Ini 6 Perbedaan Antara Oven dan Microwave  

Rasa makanan tidak enak

Ilustrasi ovenUnsplash/Louis Hansel Ilustrasi oven
Ivelina mengatakan oven yang kotor bisa membuat semua kotoran terbakar di dalamnya saat Anda memasak makanan sehingga membuat rasa makanan menjadi kurang enak. 

Oven yang bersih akan meningkatkan rasa makanan secara drastis dan makanan yang lezat akan selalu lebih cepat habis lantaran banyak disukai. 

Baca juga: 5 Tanda Elemen Pemanasan Oven Rusak

Perlu waktu lebih lama untuk memanaskan makanan 

Seiring penggunaan dan usia, oven yang digunakan akan kehilangan kemampuannya seperti membutuhkan waktu lebih lama untuk memanaskan makanan.

Namun, hal tersebut tak selalu karena usia, tapi bisa juga disebabkan karena kurangnya perawatan pada oven alias jarang membersihkan oven. 

“Jika memperhatikan bahwa oven membutuhkan waktu lama untuk dipanaskan, ini bisa menjadi tanda jelas bahwa Anda perlu membersihkannya.” 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com