Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Tepat Memasang Gorden agar Ruangan Terlihat Lebih Besar

Kompas.com - 23/12/2021, 20:37 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya melindungi ruangan dari paparan sinar matahari secara langsung, gorden juga dapat menjadi elemen dekorasi yang menarik dan memberikan warna berbeda pada ruangan. 

Bahkan, gorden dapat membuat ruang kecil seperti apartemen terlihat lapang, besar, juga rapi. 

Baca juga: 5 Kesalahan yang Harus Dihindari Saat Memasang Gorden

Dilansir dari Home Guides SF Gate, Kamis (23/12/2021), ruang tamu yang kecil bisa terlihat lebih luas dan bergaya saat memasang panel gorden baru.

Berikut beberapa tips tepat memasang gorden agar membuat ruangan terlihat lebih besar. 

Baca juga: 3 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Gorden Menurut Feng Shui 

Gantung gorden dengan tinggi

Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna netral. UNSPLASH/SPACEJOY Ilustrasi ruang keluarga dengan nuansa warna netral.
Tirai panel klasik membuat ruangan terlihat lebih luas saat memasang batang gorden di dekat plafon atau langit-langit, bukan pada bingkai jendela.

Gorden yang panjang hingga ke lantai dapat menarik perhatian ke atas sepanjang gorden dan menciptakan ilusi ruangan yang tinggi.

Gantung tirai sekitar 10 sentimeter di atas bingkai jendela pada ruangan dengan cetakan plafon dan 15 sentimeter pada ruangan tanpa cetakan plafon. 

Baca juga: Ingin Membeli Gorden? Perhatikan 6 Hal Ini Terlebih Dulu 

Pilih gorden dengan pola vertikal 

Tirai tipis dan ringan dengan garis vertikal dapat menambah tinggi pada ruangan kecil. Selain itu, pola garis-garis vertikal atau tirai tenunan terbuka dengan desain vertikal akan menambah tekstur dan kesejukan pada ruangan. 

Namun, hindari pola horizontal berwarna pekat atau motif bunga besar, yang cenderung mendominasi ruangan serta membuat ruangan terasa semakin sempit.

Selain itu, pilih gorden dengan warna yang sama atau sedikit lebih terang dari dinding untuk memberikan konsistensi. Sebaliknya, tirai tebal berwarna gelap akan memenuhi ruangan dan membuatnya terlihat lebih kecil. 

Baca juga: Panduan Cara Membersihkan Gorden Dekil Penuh Noda dan Kotoran 

Batang tirai

Batang gorden padat yang dapat disesuaikan atau panjang membantu menciptakan ilusi lapang pada ruangan.

Membuka batang gorden dekoratif hingga lebar maksimum dan menempelkannya ke dinding di dekat plafon memungkinkan Anda membuka gorden sepenuhnya, membingkai jendela, dan furnitur apa pun yang ditempatkan di depannya sehingga membuat jendela terlihat lebih besar dan memungkinkan lebih banyak cahaya masuk ke ruangan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com