Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Memilih Warna Gorden untuk Mempercantik Ruangan

Kompas.com - 08/09/2021, 12:21 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

Sumber Decortips

Jakarta, KOMPAS.com- Apakah kamu sedang mempertimbangkan untuk mendekorasi atau merenovasi ruangan agar lebih rapi dan estetik?

Jika ya, maka pertimbangkan untuk memberikan sentuhan kecil berupa mengganti warna gorden agar ruangan terlihat lebih selaras sekaligus jadi dekorasi yang multifungsi.

Selain mendapatkan hasil yang baik dalam hal dekoratif, memilih warna gorden yang tepat memungkinkanmu untuk mengoptimalkan pencahayaan alami di area tertentu sehingga ruangan terkesan lebih hangat dan homey.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Tirai Vertical Blind sebagai Pengganti Gorden

Selain itu, melalui warna gorden, kamu juga bisa menambahkan ciri khas, tekstur serta sentuhan pribadi ke dalam rumahmu.

Meski begitu, memilih warna gorden yang tepat bukanlah hal yang mudah. Karena, melibatkan selera pribadi juga keselarasan dalam pemilihan warna dinding, dekorasi, hingga aksesoris ruangan agar rumah terlihat indah.

Nah, oleh karenanya, kamu memerlukan tips memilih gorden yang tepat. Melansir dari Decor Tips pada Rabu (8/9/2021) berikut ini cara memilih warna gorden yang benar agar rumah terlihat estetik.

Baca juga: 4 Cara Memasang Gorden Tanpa Batang Rel

Tips memilih warna gorden

Ilustrasi kamar tidur minimalis, gorden di kamar. SHUTTERSTOCK/Suradech Singhanat Ilustrasi kamar tidur minimalis, gorden di kamar.

Tirai di dalam rumah adalah elemen dekoratif yang sangat penting karena membantu mempersonalisasi ruang.

Ketika memilih warna terbaik untuk gorden, kamu harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti ukuran ruangan, warna dinding dan kondisi pencahayaan, dan lainnya. Berikut ini tips memilih warna gorden terbaik untuk ruangamu: 

Baca juga: 5 Aturan yang Harus Diketahui Sebelum Menggantung Gorden

Perhatikan ukuran ruangan

Tips pertama memilih warna yang tepat untuk gorden ialah memperhatikan ukuran ruangan yang akan didekorasi.

Misalnya, jika kamar tidurmu berukuran kecil, sebaiknya pilih gorden dengan warna netral seperti putih atau krem. Menurut psikologi warna, ini memberikan efek amplitudo yang sangat signifikan.

Di sisi lain, jika kamu memiliki ruangan yang besar dengan banyak ruang yang cukup untuk mendekorasi, sebaiknya gunakan warna-warna hangat seperti merah, kuning, atau oranye. Maka tampilan rumahmu akan lebih bersemangat dan homey.

Baca juga: 4 Jenis Gorden yang Dapat Mengurangi Suhu Panas Dalam Ruangan

Dekorasi dinding

Warna dinding akan mempengaruhi warna gordenmu. Agar kontras warna terlihat serasi, sebaiknya digunakan nuansa yang berpadu satu sama lain. Umumnya, putih terlihat bagus di ruangan mana pun. Sebaliknya, gunakan gorden berwarna untuk mengontraskan dinding warna putihmu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com