Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketahui, Cara Mencuci Gorden dengan Baik dan Benar

Kompas.com - 11/02/2021, 20:57 WIB
Abdul Haris Maulana,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Membersihkan gorden atau tirai yang ada di setiap sisi rumah bisa dikatakan menjadi tugas yang sangat berat dan tidak akan mudah dengan cara apapun.

Saat akan membersihkannya, kamu harus melepas gorden di jendela dan kemudian mencucinya, mengeringkannya dan menggantungnya untuk dijemur. Hal ini mungkin dapat membuat siapapun akan mengeluh.

Meski begitu, gorden yang kamu miliki memang harus dibersihkan, karena lama-kelamaan mereka terus terpapar debu yang akan menumpuk jika tidak dibersihkan.

Baca juga: Supaya Tidak Salah, Ini Cara Memilih dan Menggantung Gorden

Untuk memandumu dalam proses membersihkan gorden, ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti untuk memastikan kegiatan membersihkan gorden bisa sesuai dan tidak menimbulkan hal buruk.

Jadi, berikut ini adalah panduan lengkap untuk langkah-langkah yang harus diikuti saat kamu mencuci dan membersihkan gorden yang kamu miliki di rumah, dilansir dari Boldsky, Kamis (11/2/2021).

Singkirkan debu gorden

Pertama-tama, bersihkan tirai untuk menghilangkan semua debu lepas yang menempel di atasnya. Ini membuat pekerjaanmu jauh lebih mudah.

Keluarkan semua kait

Lepaskan tirai dari besi geser di jendela dan keluarkan setiap kait yang ada di tirai. Jika kait tetap berada di gorden, mesin cucimu akan rusak.

Baca juga: Gorden Macet? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Rendam gorden

Gunakan opsi 'rendam' mesin cucimu untuk merendam tirai. Kamu juga bisa merendam tirai dalam ember besar berisi air dan deterjen.

Pilih pengaturan mesin cuci

'Pengaturan' untuk mencuci tirai jendela yang kamu miliki tergantung pada kain tirai. Kamu dapat mencuci tirai katun dalam pengaturan normal.

Untuk tirai renda, jaring, atau sutra, kamu perlu menggunakan mode halus. Dan jika gordennya sangat tebal, gunakan mode yang lebih kuat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com