Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aturan yang Harus Diketahui Sebelum Menggantung Gorden

Kompas.com - 20/08/2021, 16:10 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber My Domaine

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama dengan pencahayaan dan perangkat keras berkualitas, gorden adalah elemen dekorasi untuk melengkapi dan menyempurnakan ruangan.

Tanpa gorden, sebuah ruangan bisa terasa kurang sempurna atau belum selesai. Selain sebagai dekorasi, gorden juga menawarkan sejumlah kepraktisan. 

Baca juga: 4 Jenis Gorden yang Dapat Mengurangi Suhu Panas Dalam Ruangan

Menggunakan panjang gorden dan teknik pemasangan yang tepat tidak hanya mempercantik ruangan, tetapi juga menawarkan privasi, menyebarkan cahaya, serta melindungi furnitur atau dekorasi dari sinar matahari

Namun, ada beberapa aturan yang perlu diketahui sebelum menggantung gorden di rumah. Mulai dari, aturan pengukuran panjang hingga pemasangan di dalam dan di luar.

Nah, agar tak salah memasang, berikut ini lima aturan yang perlu diketahui sebelum menggantung gorden dikutip dari My Domaine, Jumat (20/8/2021).  

Baca juga: Perhatikan Hal Ini Sebelum Memasang Gorden Kamar Tidur

Biarkan cahaya masuk

Meski menggunakan gorden, penting juga membiarkan cahaya tetap masuk ke ruangan.

Untuk itu, sebaiknya memilih gorden dengan kain tipis sehingga membiarkan cahaya masuk serta menciptakan tampilan alami dan semilir. Linen Belgia yang tipis adalah bahan yang bagus untuk mendapatkan cahaya. 

Baca juga: Panduan Membersihkan Gorden di Rumah

Di sisi lain, kain yang lebih berat seperti beludru adalah pilihan yang bagus untuk menjaga privasi. Jadi, Anda bisa mengombinasikan keduanya dalam efek berlapis pada ruangan.

Selain itu, gorden dengan material lebih berat juga dapat membantu menghalangin angin masuk saat cuaca dingin. 

Baca juga: Seberapa Sering Gorden Harus Dibersihkan? 

Sesuaikan gorden dengan dinding

Desainer minimalis akan senang dengan gorden yang memiliki warna yang sama dengan dinding. Dengan memilih bahan gorden yang sesuai dengan warna ruangan, gorden akan menyatu mudah dengan gaya dekorasi. 

Di sini, batang gorden dirancang dengan dudukan luar di sekeliling bingkai jendela untuk membiarkan lebih banyak cahaya masuk dan membuat jendela tampak lebih besar. 

Baca juga: Kapan Kamu Perlu Mengganti Gorden di Rumah? 

Mengadopsi naungan Romawi

Nuansa Romawi adalah solusi sempurna ketika gorden dari lantai ke langit-langit bukanlah pilihan. Jika jendela berada di atas wastafel dapur, di atas meja kamar mandi atau bathtub atau di belakang radiator, tentu tidak praktis untuk memperpanjang tirai ke lantai.

Namun, naungan Romawi adalah dekorasi elegan yang dapat langsung meningkatkan ruang Anda. Nuansa Romawi yang santai memberikan hasil chic yang tak lekang oleh waktu untuk menyatukan desain ruangan. 

Baca juga: Punya Ruangan Sempit? Sebaiknya Gunakan Jenis Gorden Ini

Gantung gorden bermotif dengan tepat 

Jika ingin memakai gorden bermotif, gantung gorden setinggi dan selebar mungkin sehingga dapat membingkai jendela saat dibuka.

Karena akan bekerja dengan cetakan maksimal, memperluas ruang di sekitar jendela secara visual membantu menjaga segala sesuatunya terasa bersih dan lapang.

Padukan warna dan bahan dengan aksen di sekitar ruangan untuk hasil akhir yang kohesif serta lembut. 

Baca juga: Ketahui, Cara Mencuci Gorden dengan Baik dan Benar 

Gaya rustic

Jika berencana menggantung tirai di bawah gorden berlapis, pilihlah tirai dengan bahan alami. Gaya bohemian ini cocok dipadukan dengan material putih cerah seperti tirai flowy yang lapang, yang ditata di ruang tamu.

Nuansa alami tampak bagus dipasang di bagian dalam bingkai jendela—berlawanan dengan nuansa Romawi, yang biasanya paling baik dirancang dengan pemasangan di luar. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com