Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/08/2021, 13:12 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Seiring penggunaan, oven mengalami sejumlah permasalahan yang membuatnya kinerja kurang efektif, salah satunya elemen pemanas yang rusak, baik itu kurang panas maupun tidak sama sekali panas. 

Tentu saja, elemen pemanas oven yang sudah rusak membuat oven tidak bekerja maksimal untuk memanaskan atau memanggang hidangan.

Baca juga: Perhatikan Beberapa Hal Ini Sebelum Membeli Oven Listrik

Dalam oven listrik, elemen pemanas dikenal juga sebagai baking koil. Elemen ini dipasang pada dinding belakang oven dan terletak di dekat bagian bawah.

Ada juga elemen pemanggangan di dekat bagian atas. Rentang listrik juga memiliki koil pembakar. Mengganti koil atas oven mudah dilakukan dengan mencabut yang lama dan mencolokkan yang baru.

Bahkan, ini harus dicabut, dicuci, dan dikeringkan kapan pun jika diperlukan.  

Baca juga: Seberapa Sering Oven Microwave Harus Dibersihkan?

Sebetulnya, sama dengan peralatan elektronik lainnya, oven juga memiliki masa pakai atau usia. Rata-rata usia pemakaian oven antara 10-15 tahun.

Namun, usia ini bisa lebih cepat dan lama, tergantung pemakaian serta perawatan yang dilakukan. Lantas, bagaimana mengetahui elemen pemanas oven telah rusak? 

Nah, melansir dari laman Today's Homeowner, Senin (16/8/2021), berikut ini lima tanda elemen pemanas oven rusak.  

Baca juga: 3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membersihkan Oven 

Elemen tidak berwarna oranye terang

Elemen pemanas yang Anda periksa harus berwarna oranye terang saat dipanaskan sepenuhnya (sekitar 10 menit setelah disetel ke 170 derajat Celsius). Hal ini menunjukkan bahwa elemen pemanas oven berfungsi baik tau normal. 

Namun, jika warnanya tidak oranye terang atau hanya sebagian saja, ini mungkin berarti elemen tersebut terbakar dan perlu diganti. Anda atau ahli listrik dapat mengonfirmasi dengan uji kontinuitas. 

Baca juga: 4 Tanda Oven Harus Diganti 

Elemen memiliki tanda keausan

Cobalah periksa elemen pemanas oven. Apakah terdapat luka bakar, lepuh, atau retakan. Anda mungkin perlu menghapus elemen untuk memeriksa lebih teliti. 

Apabila menemukan tanda tersebut, artinya elemen pemanas oven telah rusak. 

Makanan tidak matang 

Sering mengalami masakan yang dimasak dalam oven tidak matang atau hanta matang sebagian. Ini bisa berarti elemen pemanas mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Namun, hal ini juga bisa berarti bahwa probe sensor suhu perlu diganti. Uji akurasi suhu oven dan lakukan penyesuaian jika perlu. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

Oven kotor

Coba bersihkan oven sebelum mengganti fitur apa pun. Jika kotoran menjadi terlalu tebal dan menempel, Anda mungkin perlu mengganti elemen pemanas dengan yang baru. 

Tagihan listrik meningkat 

Selanjutnya, tanda elemen pemanas oven rusak dapat diketahui dari tagihan listrik di rumah yang tiba-tiba melonjak. Lonjakan konsumsi listrik yang tidak terduga juga bisa disebabkan oleh paking pintu yang rusak. 

Baca juga: Microwave dan Oven Juga Bisa Digunakan untuk Menghangatkan Nasi Dingin

Untuk itu, mengganti elemen pemanas oven mungkin diperlukan saat oven tidak berfungsi dengan baik, terutama ketika usianya lebih dari satu dekade.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com