Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/05/2021, 08:05 WIB
Aniza Pratiwi,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Membuat berbagai jenis kue menjadi kegiatan khas untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran. Untuk membuatnya, oven menjadi perlengkapan paling utama untuk proses pemanggangan.

Terkadang tak hanya satu atau dua ragam jenis kue saja yang dibuat dalam menyambut Lebaran, namun lebih dari itu dan membuat oven harus segera dibersihkan setelah pemakaian yang lama.

Dilansir dari The Kitchn, Jumat (7/5/2021), oven harus dibersihkan segera setelah digunakan agar tidak meninggalkan bau yang tak sedap di dalamnya.

 

Baca juga: Jangan Salah Beli, Ini Perbedaan Oven dan Microwave

Dalam pembersihannya, ada berbagai menggunakan bahan kimia, namun ada juga cara yang lebih cepat dan hanya menggunakan bahan alami.

Untuk membersihkannya, Anda harus menyiapkan soda kue atau baking soda, sarung tangan karet, kain lap basah, spatula silikon, air, botol semprotan, dan cuka putih. Berikut cara membersihkan oven yang dapat Anda terapkan. 

1. Kosongkan oven

Lepaskan rak oven, dan apa pun yang Anda miliki di dalam oven.

2. Buat pasta soda kue atau baking soda

Dalam mangkuk kecil, campurkan setengah cangkir soda kue atau baking soda dengan beberapa sendok makan air. Sesuaikan rasio keduanya sesuai kebutuhan sampai Anda mendapatkan pasta yang dapat dioleskan.

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Oven Listrik

3. Lapisi oven

Oleskan pasta ke seluruh permukaan interior oven, hindari elemen pemanas. Soda kue atau baking soda akan berubah warna menjadi kecokelatan saat Anda mengoleskannya.

Oleskan pasta yang lebih tebal di beberapa tempat daripada di tempat lain yang dianggap paling kotor. Cobalah untuk melapisi seluruh oven dan berikan perhatian ekstra pada area yang sangat berminyak.

4. Biarkan semalaman

Diamkan campuran soda kue setidaknya selama 12 jam, atau semalaman.

5. Bersihkan rak oven

Bersihkan rak oven Anda dengan menggunakan sabun cuci piring.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com