Kompas.com - 07/05/2021, 09:00 WIB
Ilustrasi karpet di ruangan Unsplash/Ryan ChristodoulouIlustrasi karpet di ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Mendekorasi ruangan merupakan salah satu cara yang dilakukan banyak orang dalam menyambut datangnya Hari Raya Idul Fitri. Tak hanya membuat tampilan rumah semakin cantik, mendekorasi ruangan juga membuat ruangan lebih rapi dan nyaman.

Mendekorasi ruangan tidak selalu berarti mengganti semua furnitur serta elemen dekorasi. Anda juga bisa memanfaatkan furnitur dan elemen dekorasi lainnya di dalam ruangan untuk menghasilkan ruangan yang lebih nyaman. 

Baca juga: 5 Mitos Mendekorasi Ruangan di Rumah yang Tidak Perlu Dipercaya

Dilansir dari Idealhome, Jumat (7/5/2021), ada beragam cara mengubah nuansa ruang tanpa mengeluarga banyak biaya. Berikut ini cara-caranya. 

Tata Ulang

Untuk memberikan nuansa yang berbeda saat hari Kemenangan, Anda dapat mengatur ulang sofa dan kursi di dalam ruangan tersebut. Jika selama ini sofa atau kursi terlalu dekat dengan dinding, cobalah menariknya ke arah tengah ruangan sehingga membuat ruangan terlihat lebih besar. 

Baca juga: Trik Mendekorasi Ruangan Tanpa Jendela agar Lebih Terang

Tata ulang furnitur senyaman mungkin. Terpenting adalah hindari meletakkan sofa dekat pintu masuk atau keluar sehingga tidak menghalangi lalu lintas area tersebut. 

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampilkan Karya Seni 

Berikan nuansa yang berbeda pada dinding ruangan yang kosong. Anda dapat meletakkan bingkai foto, karya seni, atau yang lainnya. Jika ruangan sudah memiliki karya seni, ubah tata letaknya sehingga dapat memberikan suasana berbeda. 

Baca juga: Inspirasi Dekorasi Ruang Cuci di Rumah agar Tak Membosankan

Tambahkan Bantal Sofa 

Cara sederhana, tapi efektif mengubah dekorasi ruangan secara instan adalah menambahkan bantal sofa baru. Untuk memberikan nuansa berbeda, pilih pola dan warna yang berbeda sehingga memberikan skema warna yang lebih cerah. 

Ubah Posisi Karpet 

Jika sudah memiliki karpet dan ingin menghemat biaya dalam mendekorasi, Anda bisa mengubah posisinya. Misalnya, memutar karpet secara vertikal dari horizontal untuk mengubah perspektif ruangan. 

Baca juga: Ingin Mendekorasi Ruangan dengan Karpet? Ini yang Harus Diperhatikan

Ubah Posisi Televisi

Buat titik fokus baru untuk ruang tamu dengan mengubah posisi televisi (TV). Dengan memindahkan atau mengubah posisi TV, nuansa di ruang tamu dapat berubah dengan sekejap karena TV selama ini menjadi titik fokus di dalam ruangan tersebut. 



Sumber ideal home
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X