Kompas.com - 18/06/2021, 22:00 WIB
Ilustrasi membersihkan oven ShutterstockIlustrasi membersihkan oven

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik oven tidak tahu kapan harus membersihkan oven. Padahal, seberapa sering membersihkan oven tergantung pada penggunaannya.

Oven yang sering digunakan tentu mudah kotor dan menumpuk banyak kotoran. Kotoran ini tak lain berasal dari remah-remah makanan yang terjatuh. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

“Pemilik rumah mungkin perlu membersihkan oven jika ada tumpahan di bagian bawah atau samping oven,” kata Joann Green, pemilik Automatic Appliance Service Inc di Framingham, Amerika Serikat.

Oven kotor yang tidak dibersihkan tidak hanya membuat kotoran semakin menumpuk, tapi juga menimbulkan bau tak sedap dan tempat bakteri berkembang biak.

Namun, sebelum membersihkan oven, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar tak menimbulkan kerusakan pada oven. 

Baca juga: Microwave dan Oven Juga Bisa Digunakan untuk Menghangatkan Nasi Dingin

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Melansir dari laman Family Handyman, Jumat (18/6/2021), berikut ini tiga hal yang perlu diketahui sebelum membersihkan oven. 

Ketahui jenis oven yang dimiliki

Ada dua jenis utama oven, yakni suhu tinggi tradisional dan uap. Penting mengetahui tipe mana yang Anda miliki sebelum mencoba membersihkannya karena masing-masing model memiliki metode sendiri. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Oven Listrik

Beberapa model oven yang lebih baru menawarkan setiap jenis opsi pembersihan dalam satu unit sehingga Anda dapat memilih metode mana yang ingin digunakan.

“Apa pun jenis oven yang dimiliki, Anda harus menghilangkan partikel berat atau sisa makanan sebelum membersihkannya sendiri,” kata Green. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Oven? Ini Penjelasannya

Lepaskan rak oven

Umumnya, disarankan melepas semua rak oven saat membersihkan oven. “Rak oven bisa kehilangan kilaunya jika dibiarkan di oven saat dibersihkan,” kata Green.

Namun, apabila tak sengaja rak tertinggal selama pembersihan dan menjadi sulit masuk dan keluar dari oven, Green menyarankan meletakkan sedikit minyak zaitun di atas handuk kertas dan menggosok sisi rak untuk membantu rak kembali masuk dan keluar. 

Baca juga: Panggangan Roti Vs Oven Pemanggang Roti, Apa Bedanya?

Jangan membersihkan oven menjelang pesta makan malam

Green mengingatkan untuk tidak membersihkan oven menjelang pesta makan malam atau sebelum menyiapkan makanan liburan.

“Siklus pembersihan oven bisa sulit pada beberapa komponen oven dan dapat menyebabkan beberapa jenis kegagalan,” ujar Green.



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X