Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membersihkan Oven

Kompas.com - 18/06/2021, 22:00 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa pemilik oven tidak tahu kapan harus membersihkan oven. Padahal, seberapa sering membersihkan oven tergantung pada penggunaannya.

Oven yang sering digunakan tentu mudah kotor dan menumpuk banyak kotoran. Kotoran ini tak lain berasal dari remah-remah makanan yang terjatuh. 

Baca juga: Gampang, Ini Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

“Pemilik rumah mungkin perlu membersihkan oven jika ada tumpahan di bagian bawah atau samping oven,” kata Joann Green, pemilik Automatic Appliance Service Inc di Framingham, Amerika Serikat.

Oven kotor yang tidak dibersihkan tidak hanya membuat kotoran semakin menumpuk, tapi juga menimbulkan bau tak sedap dan tempat bakteri berkembang biak.

Namun, sebelum membersihkan oven, ada beberapa hal yang perlu diketahui agar tak menimbulkan kerusakan pada oven. 

Baca juga: Microwave dan Oven Juga Bisa Digunakan untuk Menghangatkan Nasi Dingin

Melansir dari laman Family Handyman, Jumat (18/6/2021), berikut ini tiga hal yang perlu diketahui sebelum membersihkan oven. 

Ketahui jenis oven yang dimiliki

Ada dua jenis utama oven, yakni suhu tinggi tradisional dan uap. Penting mengetahui tipe mana yang Anda miliki sebelum mencoba membersihkannya karena masing-masing model memiliki metode sendiri. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Oven Listrik

Beberapa model oven yang lebih baru menawarkan setiap jenis opsi pembersihan dalam satu unit sehingga Anda dapat memilih metode mana yang ingin digunakan.

“Apa pun jenis oven yang dimiliki, Anda harus menghilangkan partikel berat atau sisa makanan sebelum membersihkannya sendiri,” kata Green. 

Baca juga: Seberapa Sering Harus Membersihkan Oven? Ini Penjelasannya

Lepaskan rak oven

Umumnya, disarankan melepas semua rak oven saat membersihkan oven. “Rak oven bisa kehilangan kilaunya jika dibiarkan di oven saat dibersihkan,” kata Green.

Namun, apabila tak sengaja rak tertinggal selama pembersihan dan menjadi sulit masuk dan keluar dari oven, Green menyarankan meletakkan sedikit minyak zaitun di atas handuk kertas dan menggosok sisi rak untuk membantu rak kembali masuk dan keluar. 

Baca juga: Panggangan Roti Vs Oven Pemanggang Roti, Apa Bedanya?

Jangan membersihkan oven menjelang pesta makan malam

Green mengingatkan untuk tidak membersihkan oven menjelang pesta makan malam atau sebelum menyiapkan makanan liburan.

“Siklus pembersihan oven bisa sulit pada beberapa komponen oven dan dapat menyebabkan beberapa jenis kegagalan,” ujar Green.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com