Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Oven Dutch dan Alasan Perlu Memilikinya di Dapur

Kompas.com - 21/11/2021, 15:18 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Dapur tidak lagi hanya tentang memasak. Banyak perencanaan dan upaya untuk melengkapinya dengan gadget, peralatan masak, dan aksesori hias terbaik lainnya.

Salah satu tambahan terbaru dan terpopuler dalam daftar ini adalah oven dutch. Oven ini telah menjadi peralatan masak di setiap dapur.

Oven dutch merupakan panci untuk memasak yang memilik bobot berat dengan dinding tebal dan tutup yang rapat. 

Melansir dari Roohome, Minggu (21/11/2021), berikut empat alasan perlu memiliki oven dutch di dapur. 

Baca juga: Cara Membersihkan Oven dengan Baking Soda dan Cuka

Daya tahan 

Ilustrasi oven dutchUnsplash/Cooker King Ilustrasi oven dutch
Oven dutch adalah panci berdinding tebal yang dilengkapi dengan tutup rapat yang terbuat dari besi tuang atau aluminium tuang.

Hal ini membuat oven jauh lebih mudah dibersihkan dan bertahan hingga bertahun-tahun tanpa membuat interior atau pewarnaan menjadi kusam.

Faktanya, oven dutch besi cor telah digunakan generasi terdahulu dan diturunkan dari generasi-generasi sebelumnya karena dapat bertahan selama sekitar 50-75 tahun jika dirawat dengan tepat. 

Baca juga: 5 Tanda Salah Memilih Penjernih Air untuk Dapur

Daya tarik estetika

Oven dutch tradisional terbuat dari besi tuang dan aluminium tuang. Namun, saat ini, panci ini hadir dengan lapisan enamel dalam warna cerah dan berbagai bentuk sehingga menjadikannya aksesori sempurna untuk mempercantik dapur.

Panci ini tersedia dalam berbagai ukuran. Ada yang lebih kecil untuk rumah tangga tunggal dan ukuran lebih besar untuk keluarga lebih besar.

Selain itu, oven dutch datang dalam berbagai bentuk. Oval menjadi bentuk yang lebih banyak disukai. 

Baca juga: Cara Membersihkan Panci Keramik agar Tahan Lama

Serbaguna  

Oven dutch sangat cocok bagi mereka yang suka bereksperimen dengan masakan dan mencoba berbagai jenis hidangan.

Oven dutch berkualitas baik cukup berat dan tebal untuk menghantarkan dan menahan panas serta cukup dalam untuk menangani potongan besar daging atau masakan berkuah.

Selain menumus atau menggoreng, panci ini dapat digunakan untuk memasak semur, sup, pasta, dan rebusan. Oven dutch ini juga bisa digunakan langsung untuk memasak di kompor

Baca juga: 5 Benda yang Sebaiknya Tidak Diletakkan di Dapur  

Memasak makanan dengan matang dan pemerataan panas

ilustrasi oven dutchUnsplash/Edgar Castrejon ilustrasi oven dutch
Oven dutch dilengkapi tutup rapat yang memungkinkan wadah menjadi oven virtual. Udara panas naik ke tutup yang mengembun dan turun ke makanan yang sedang dimasak serta menjaga makanan tetap enak dan lembap melalui siklus pengolesan alami sendiri.

Ini menambah rasa, meningkatkan kecokelatan, dan membuat makanan lebih segar. Tidak heran, membuat sayuran tanpa terlalu matang dan daging dimasak sampai empuk.

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Dapur secara Eco Friendly

Manfaat lain memasak menggunakan oven dutch adalah distribusi panas yang merata,  menghilangkan kebutuhan untuk berdiri di dekat panci, dan mengaduk makanan karena takut akan menempel pada bagian bawah.

Bahkan pemanasan memastikan bahwa makanan dimasak dengan benar tanpa ada titik panas atau dingin di antaranya sehingga makanan betul-betul matang. 

Selain itu, karena terbuat dari besi tuang, panci ini menahan panas lebih lama dari panci lainnya, yang berarti tidak perlu menghabiskan waktu untuk memanaskan makanan lagi. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com