Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/11/2021, 18:05 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Dapur sebagai jantung rumah sekaligus pusat kegiatan masak memasak tentu jadi ruangan terpenting yang harus dijaga kebersihannya.

Mulai dari peralatan makan hingga peralatan masak haruslah dalam kondisi bersih dan rapi. Namun, tentunya Anda ingin setiap kegiatan bersih-bersih yang dilakukan membawa dampak baik utnuk Bumi juga lingkungan.

Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui cara membersihkan dapur yang eco friendly. Melansir dari Homes and Gardens pada Rabu (17/11/2021) berikut ini cara membersihkan dapur secara eco friendly.

Baca juga: 5 Tips Menciptakan Rumah Eco-Friendly yang Murah dan Estetik

Metode KonMari

Metode KonMari tidak hanya untuk lemari pakaian Anda. Dan membersihkan dapur bukan hanya tentang membersihkan, ini juga tentang merapikan, yang selalu menjadi pekerjaan pertama Anda. Anda dapat membuat dapur Anda rapi dan nyaman dengan mengikuti saran dari Marie Kondo.

Kondo menyarankan untuk menghabiskan waktu di dapur Anda untuk membersihkannya dari barang-barang yang tidak lagi Anda gunakan, seperti buku masak lama atau peralatan yang tidak digunakan. Dengan begini, dapur akan terlihat lebih rapi dan nyaman digunakan.

Baca juga: Simak, 4 Tips Membuat Dapur Bersih dan Rapi

Gunakan lemon untuk membersihkan microwave

Tidak ada keraguan bahwa microwave adalah salah satu peralatan yang paling berguna untuk menghemat waktu, tetapi mereka cepat kotor dan membersihkannya adalah hal yang rumit.

Iris lemon menjadi dua dan peras jusnya ke dalam mangkuk yang tahan panas. Lalu masukkan ke dalam microwave bersama dengan setengah cangkir (atau sekitar 100ml) air. Kemudian panaskan selama 2 menit.

Uap akan menghilangkan kotoran yang membandel, jadi yang perlu Anda lakukan hanyalah menyekanya dengan cepat.

Selain memberikan aroma segar yang menyenangkan, sifat antibakteri lemon akan membantu membersihkan interior microwave Anda.

Baca juga: Tips Memperbarui Tampilan Kamar Mandi dan Dapur

Membersihkan oven tanpa menggosoknya berlebihan

Mengatasi noda dan residu yang membandel di dalam oven adalah salah satu tugas yang paling memakan waktu saat membersihkan dapur.

Alih-alih menggosoknya, gunakan peretasan pembersih dapur ini sebagai gantinya. Jika masih ada noda membandel, atau sisa pasta, semprotkan cuka putih yang akan membuat soda kue menjadi busa pembersih, lalu gunakan kain basah untuk mengelapnya.

Baca juga: 5 Fungsi Alumunium Foil untuk Membersihkan Peralatan Dapur

DIY tisu pembersih

Stephanie Gerber dari Hello Glow memiliki cara mudah membuat tisu pembersih yang ramah lingkungan.

Campurkan 2,5 cangkir (625ml) air, delapan hingga 12 tetes tea tree oil, dan 1/2 cangkir pembersih serbaguna.

Gunakan pisau roti bergerigi untuk memotong gulungan tisu menjadi setengah lebar. Tempatkan gulungan tisu yang sudah dipotong ke dalam stoples bertutup (sekitar 6 inci x 6 inci atau lebih besar).

Perlahan tuangkan larutan pembersih yang baru saja Anda campur ke dalam stoples. Tutupi area permukaan handuk kertas sebanyak mungkin saat Anda menuangkannya.

Setelah tisu menyerap air maka tarik pelan-pelan gulungan karton di bagian tengahnya. Jika kesulitan, maka beri cairan lagi lalu coba lagi.

Baca juga: Area Paling Kotor di Dapur dan Cara Membersihkannya

Segarkan aroma tempat sampah

Tempat sampah dapur merupakan salah satu penyebab dapur bau tak sedap. Stephanie Gerber memiliki solusi mudah untuk ini, dan Anda hanya perlu cuka putih, kulit jeruk, dan nampan es batu.

Masukkan beberapa kulit jeruk ke dalam nampan es batu dan isi dengan cuka. Bekukan sampai padat dan pindahkan ke wadah tertutup.

Untuk menggunakannya, letakkan kubus es batu di tempat pembuangan dan diamkan. Maka tempat sampahmu akan beraroma lebih harum.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com