Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Cerdas Membuat Dapur Terlihat Lebih Besar dan Luas

Kompas.com - 21/11/2021, 13:23 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Roohome

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang ingin memiliki dapur yang luas karena dapur merupakan salah satu area tersibuk di rumah.

Sayangnya, tidak semua rumah beruntung memiliki dapur yang besar dan luas. Sebagai solusi, beberapa pemilik rumah melakukan renovasi kecil untuk membuat dapur tampak besar serta luas. 

Renovasi dapur ini terbilang sederhana dan murah dibanding renovasi dapur secara total. Melansir dari Roohome, Minggu (21/11/2021), berikut beberapa tips cerdas membuat dapur terlihat lebih besar dan luas. 

Baca juga: 5 Tanda Salah Memilih Penjernih Air untuk Dapur  

Pertimbangkan kembali desain dan ukuran kabinet dapur

Karena memiliki dapur kecil, Anda tidak perlu memiliki lemari dapur standar berukuran 60 sentimeter.

Meski memiliki satu lemari, hal ini akan membuat dapur tampak lebih kecil dari sebelumnya. Sebagai alternatif, Anda dapat memilih jenis lemari dapur lainnya. 

Banyak faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih lemari terbaik untuk dapur kecil. Pertama, pilih desain yang ringan dan cerah karena memiliki tampilan mewah dan membuat dapur tampak luas.

Selain itu, gunakan kabinet bawah yang lebih ramping. Jenis kabinet ini akan memberikan lebih banyak ruang lantai, yang akan membuat perbedaan besar untuk dapur sempit.

Bisa pula menggunakan kabinet dapur yang diletakkan di plafon dapur untuk menaikkan level mata, yang pada gilirannya membuat plafon tampak lebih tinggi. 

Baca juga: 5 Cara Membersihkan Dapur secara Eco Friendly

Gabungkan pencahayaan yang tepat 

Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.SHUTTERSTOCK/ZASTOLSKIY VICTOR Ilustrasi dapur kecil, dapur sempit.
Memiliki pencahayaan yang baik di dapur akan memainkan peran penting dalam membuat dapur kecil tampak dan terasa lebih besar.

Pada dasarnya, Anda ingin memiliki pencahayaan ambient dan task yang tepat. Tambahkan juga beberapa tempat dan pencahayaan dekoratif guna membantu ruang terasa dan tampak lebih terbuka.

Jangan lupa menyalakan lampu tugas di area Anda akan melakukan tugas dapur seperti area mencuci atau memotong—inilah yang disebut sebagai pencahayaan tugas. 

Baca juga: Simak, 4 Tips Membuat Dapur Bersih dan Rapi

Pilih warna cat yang tepat 

Warna keseluruhan dapur harus didasarkan pada preferensi Anda. Namun, untuk membuat dapur tampak lebih besar, pertimbangkan memiliki satu atau dua warna dominan.

Teknik desain interior ini membuat dapur terasa lebih besar dan memungkinkan untuk menciptakan tampilan yang lebih terkoordinasi. 

Baca juga: 5 Benda yang Sebaiknya Tidak Diletakkan di Dapur

Lantai

Anda mungkin pernah mendengar tentang teknik fashion mengenakan pakaian bergaris untuk menciptakan ilusi optik terlihat lebih tinggi, lebih lebar, lebih pendek, dan lebih ramping.

Teknik tersebut dapat Anda gabungkan di dapur, khususnya untuk lantai dapur. Cobalah menempatkan lantai berpola yang sejajar dengan panjang dapur.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com