Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Penyebab Daun Alocasia Menguning dan Cara Mengatasinya

Kompas.com - 21/11/2021, 20:18 WIB
Lolita Valda Claudia

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Tanaman Alocasia menjadi salah satu tanaman hias yang paling diminati masyarakat. Bentuk daunnya yang bergelombang dengan warna hijau di permukaan dan hitam keunguan di bagian bawahnya.

Namun, salah satu permasalahan daun Alocasia ialah daunnya menguning. Lantas, apa penyebab daun Alocasia menguning? Melansir dari Bloomscape pada Minggu (21/11/2021) berikut alasannya.

Baca juga: Cara Memperbanyak Tanaman Alocasia dari Umbinya

Kelembapan

Penyebab paling umum daun menguning di antara tanaman Alocasia adalah kelembaban tanah yang tidak tepat, khususnya penyiraman yang berlebihan.

Tanaman Alocasia suka dengan kondisi lingkungan dan tanah yang lembab tapi tidak terlalu basah hingga tergenang. Jadi menjaga jadwal penyiraman yang teratur adalah kuncinya.

Saat Anda menyirami Alocasia, pastikan Anda menyediakan air yang cukup sehingga cairan mengalir dari lubang drainase di bagian bawah pot.

Baca juga: Kenapa Ada Bercak-bercak Cokelat pada Daun Alocasia? Ini 6 Penyebabnya

 

Sangat penting untuk membuang kelebihan air di piring dan tidak membiarkan tanaman Anda duduk di genangan air.

Tanaman Anda tidak menyukai "kaki basah", yang akan menyebabkan akar membusuk dan akhirnya menyebabkan kematian tanaman. Daun kuning dan kecoklatan adalah tanda pertama bahwa akar membusuk.

Memberikan kelembaban tanah yang tepat dan konsisten penting dalam merawat tanaman Alocasia Anda.

Bergantian antara tulang kering dan tanah basah dari penyiraman yang tidak tepat waktu dapat membuat stres dan menyebabkan tanaman Anda menguning. Sebab Alocasia bukan tanaman yang tahan kekeringan.

Baca juga: Tips Membuat Tanaman Alocasia Tumbuh Besar dengan Cepat

Tingkat kelembapan

Alocasia Watsoniana memiliki daun bertekstur tipis, tekstur tulangnya seperti Amazonica yang jelas dan tegas, dengan pola pinggirannya tidak rapi dan cenderung acak.Hasil tangkap layar Youtube Oranje Garden Alocasia Watsoniana memiliki daun bertekstur tipis, tekstur tulangnya seperti Amazonica yang jelas dan tegas, dengan pola pinggirannya tidak rapi dan cenderung acak.

Kelembaban yang rendah dan tanah yang kering menyebabkan daun terkulai dan bagian tepinya berwarna coklat, kemudian diikuti oleh seluruh daun yang menguning, kecoklatan, dan mengerut.

Cahaya yang tidak tepat

Tanaman alocasia tumbuh paling baik ketika ditempatkan di bawah sinar matahari tidak langsung yang cerah, tetapi mereka akan mentolerir cahaya sedang.

Jika terkena sinar matahari langsung terlalu lama, dedaunan akan terbakar. Sementara Tanaman Alocasia dapat beradaptasi dengan area cahaya sedang, pertumbuhannya mungkin lambat. Jika ditempatkan dalam cahaya yang sangat rendah, daun kuning dapat berkembang.

Baca juga: Kaleidoskop 2020: Popularitas Alocasia, Black Velvet hingga Amazonica

Hama

Alocasia yang lemah atau stres lebih rentan terhadap infestasi serangga. Serangga penghisap getah seperti tungau laba-laba dapat menguras kelembapan tanaman Anda.

Masalah ini dengan cepat memanifestasikan dirinya dengan menguningnya selebaran dan daun. Sisik, kutu putih, dan tungau laba-laba sering terjadi dalam kondisi dalam ruangan.

Jika tidak dibunuh sejak dini, hama kecil ini berkembang biak dan bergerak di sepanjang bagian daun ke sudut dan celah.

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit pada Tanaman Alocasia

Beberapa daun yang menguning adalah hal yang alami

Apakah Alocasia Anda menghasilkan pertumbuhan baru? Jika ada pertumbuhan baru pada tanaman Anda dan daun yang lama menguning, terutama di bagian bawah tanaman, maka ini adalah hal yang wajar. Tanaman Anda melepaskan daun tua dan mengirimkan energi ke tunas baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com