Kompas.com - 21/12/2020, 20:16 WIB
Ilustrasi tanaman hias dari keluarga Alocasia, Alocasia longiloba sedang banyak digandrungi. Selain memiliki corak unik pada daunnya, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai obat luka. SHUTTERSTOCK/nokwalaiIlustrasi tanaman hias dari keluarga Alocasia, Alocasia longiloba sedang banyak digandrungi. Selain memiliki corak unik pada daunnya, ternyata tanaman ini juga memiliki manfaat sebagai obat luka.

JAKARTA, KOMPAS.com - Alocasia merupakan satu dari sekian banyak tanaman hias yang ramai diletakkan oleh orang-orang di Indonesia, khsususnya bagi pecinta tanaman.

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Araceae, yang mana masing-masing jenis alocasia memiliki daun yang berkarakter dan terlihat eksotis ketika dipajang.

Secara kasat mata, daun alocasia terlihat mirip dengan caladium atau keladi, karena masih satu kerabat. Namun, daun dan umbi alocasia dan caladium berbeda.

Baca juga: Tanaman Hias Alocasia Populer Tahun Ini, Apa Sebabnya?

Habitat alocasia sendiri adalah daerah tropis dan subtropis yang ada di Asia, Oceania dan Amerika Selatan.

Sama seperti tanaman hias lainnya, alocasia juga memiliki jenis yang cukup banyak, namun kali ini akan dirangkum beberapa jenis yang populer sepanjang 2020, dilansir dari beragam sumber, Selasa (21/12/2020).

1. Black velvet

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alocasia black velvet atau disebut juga dengan alocasia reginula memiliki daun yang relatif kecil dengan warna hitam kontras dan garis silver, sehingga terkesan elegan dan menawan.

Daun alocasia black velvet juga cukup tebal yang tampak seperti beludru, dan cenderung memiliki tekstur kaku. Jenis alocasia ini mampu tumbuh setinggi 30-40 cm.

Ilustrasi tanaman alocasia reginula atau alocasia black velvet.SHUTTERSTOCK/PORNPAN SANGKARAT Ilustrasi tanaman alocasia reginula atau alocasia black velvet.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X