Kompas.com - 21/11/2021, 17:46 WIB
Ilustrasi taman rumah Unsplash/Annie SprattIlustrasi taman rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim atau cuaca panas adalah impian para tukang kebun sepanjang musim dingin.

Sebab, cuaca panas menjadi waktu bunga-bunga bermekaran dan panen berlimpah yang dibawa langsung dari petak sayuran ke meja makan. 

Baca juga: 5 Ide Perawatan Taman yang Mudah dan Minim Waktu

Namun, seiring dengan sinar matahari dan cuaca panas tiba, sejumlah masalah pun muncul di taman yang dapat membuat frustrasi, bahkan tukang kebun paling tabah sekalipun.

Pasalnya, saat cuaca panas, tanaman bisa menderita terlalu banyak air atau terlalu sedikit. Selain itu, tanaman juga bisa mengalami layu akibat terpapar sinar matahari terus-menerus. 

Melansir dari Bobvila, Minggu (21/11/2021), berikut enam permasalahan yang dihadapi taman saat cuaca panas dan cara mengatasinya. 

Baca juga: 4 Manfaat Media Tanam Hidroponik untuk Taman 

Gulma 

Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah. PIXABAY/MARIA Ilustrasi gulma, mencabut gulma di halaman rumah.
Gulma adalah masalah taman yang abadi. Sama dengan tanaman lain, gulma tumbuh subur di bawah sinar matahari dan hujan musim panas.

Untuk mengatasinya, taburkan lapisan mulsa yang dalam untuk menggagalkan upaya gulma dan ketika gulma tumbuh, segera singkirkan dengan mencabutnya, membakarnya, atau menyemprotnya dengan herbisida. 

Baca juga: 6 Tips Menciptakan Taman yang Indah di Sekitar Kolam Renang

Bintik hitam pada mawar

Bintik hitam disebabkan oleh penyakit jamur yang terjadi pada cuaca hangat dan basah serta mempengaruhi tanaman mawar di semua wilayah.

Daun mengembangkan bintik-bintik hitam di sisi atas, menguning, dan rontok. Untuk memerangi bintik hitam, pastikan menanam varietas mawar yang tahan penyakit, di lokasi yang menerima banyak sinar matahari dan sirkulasi udara, dan jangan menyiramnya dengan banyak air. 

Baca juga: 6 Cara Mudah Menghilangkan Gulma di Taman Secara Permanen

Jamur tepung pada sayuran 

Jamur tepung menyerang sayuran seperti labu, melon, dan mentimun. Setelah jamur tepung muncul, Anda dapat mengendalikannya, tetapi tidak dapat menyembuhkannya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Bobvila
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.