Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Membuat Area Taman Lebih Nyaman dan Tenang

Kompas.com - 09/11/2021, 12:36 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Manfaat kesehatan mental dari menghabiskan waktu di luar rumah seperti taman tidak bisa diremehkan.

Mengembangkan kecintaan pada alam memiliki banyak manfaat bagi hidup dan kesehatan. Sayangnya, tidak semua dari kita memiliki kemewahan hidup dekat dengan alam. 

Baca juga: 4 Trik Menata Taman yang Ramah untuk Anjing Peliharaan

Siapa pun yang memiliki taman terkecil di rumah mereka memiliki kekuatan untuk mengubahnya menjadi oasis alami sendiri.

Menciptakan taman yang mengundang lebih mudah diucapkan daripada dilakukan, terutama bagi mereka yang tidak memiliki banyak pengalaman berkebun.

Meski memerlukan sedikit usaha, ada beberapa cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengubah taman menjadi tempat untuk menghabiskan waktu.

Melansir dari My Decorative, Selasa (9/11/2021), berikut beberapa tips membuat taman lebih nyaman. 

Baca juga: 5 Cara Membuat Taman Rumah Lebih Nyaman dan Santai 

Buat area tempat duduk menjadi nyaman

ilustrasi tempat duduk di taman atau halaman belakangUnsplash/Collov Home Design ilustrasi tempat duduk di taman atau halaman belakang
Memiliki taman tradisional sangat bagus untuk menjamu tamu dan mendorong keluarga untuk makan di luar ruangan.

Namun, sebagian besar pilihan tempat duduk di luar ruangan cenderung cukup formal dan kaku. Sebaiknya, ciptakan area tempat duduk yang lebih nyaman.

Misalnya, memperkenalkan set sofa rotan ke taman dengan tambahan beberapa bantal. Dengan demikian, akan menciptakan area sempurna bagi orang-orang untuk bersantai di bawah sinar matahari sambil membaca buku, duduk, juga menikmati taman dengan nyaman. 

Baca juga: 7 Tips Merawat Taman di Musim Hujan 

Hiasi taman

Memiliki halaman rumput yang terawat sempurna sering kali lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Namun, alternatif yang bagus adalah menghias sebagian besar taman Anda.

Dengan cara ini, taman akan terlihat bagus secara estetika. Tak perlu khawatir, menghias taman tak akan merusak keuangan Anda. 

Berhati-hatilah memilih kayu hiasan yang sesuai karena beberapa jenis kayu lebih rentan terhadap pembusukan. 

Baca juga: 7 Manfaat Detergen untuk Taman 

Tambahkan fitur air di taman 

Ilustrasi kolam renang di rumahUnsplash/Dim Hou Ilustrasi kolam renang di rumah
Apa yang bisa lebih santai daripada menghabiskan sore musim panas di dekat air terjun yang tenang atau aliran sungai yang indah?

Meski hal ini tampak sedikit tidak masuk akal ketika berbicara tentang taman rumah, fitur air yang ditempatkan secara strategis dapat mereplikasi efek serupa.

Ada berbagai macam desain fitur air di pasaran saat ini. Anda dapat memilih kolam renang di taman, kolam ikan koi, atau fitur yang lebih dekoratif. 

Baca juga: 5 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Membuat Taman Vertikal di Rumah 

Biarkan ada cahaya

Cara lain umembuat area taman lebih nyaman adalah memastikan bahwa Anda dapat terus menghabiskan waktu di sana setelah matahari terbenam.

Sebagai solusi, menggabungkan pencahayaan luar ruangan. Ada banyak pilihan pencahayaan yang bisa dipilih.  

Baca juga: 4 Cara Membuat Taman Kecil Tampak Lebih Besar

Apakah memilih bermain-main dengan beberapa lentera luar ruangan atau memilih suasana romantis menggunakan lampu peri bertenaga surya. 

Menginvestasikan waktu dan uang untuk menciptakan taman yang nyaman, santai, serta nyaman akan memberikan banyak manfaat bagi Anda, keluarga, dan teman yang diundang. Mulai dari, melepas penat, mengusir kebosanan, mengisi energi baru, hingga menjaga kesehatan mental

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com