Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/09/2021, 16:48 WIB
Esra Dopita Maret

Penulis

Sumber Bobvila

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggur adalah tanaman buah yang memiliki banyak manfaat. Tanaman merambat ini menghasilkan buah yang berlimpah dan segar saat panen.

Buah ini dapat dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan seperti dikonsumsi langsung, jus, sirup, serta dijadukan. 

Baca juga: Simak, Cara Menanam Anggur Dalam Pot untuk Pemula

Dengan daun yang mengalung dan buah yang merambat, tanaman anggur dapat menambahkan keindahan pada taman rumah Anda. 

Namun, menunggu tanaman anggur berbuah membutuhkan kesabaran karena tanaman anggur baru menghasilkan buah sangat lama, sekitar satu sampai tiga tahun. 

Nah, bagi kamu yang tertarik menanam anggur di taman rumah, berikut ini tips menanam anggu di taman rumah yang bisa diikuti dilansir dari Bobvila, Kamis (9/9/2021).  

Baca juga: Panduan Cara Menanam Anggur dari Biji 

Pilih jenis anggur

Saat memilih jenis anggur, pertimbangkan kondisi pertumbuhan dan tujuan penggunaan buah. Mereka yang menanam anggur di rumah biasanya memilih dari hibrida anggur Amerika, Eropa, Prancis-Amerika, atau muscadine.

Untuk menemukan pilihan terbaik, pilih varietas yang tumbuh subur di zona pertumbuhan USDA Anda. Anggur Amerika cenderung lebih keras dan lebih mampu menangani kondisi dingin, sementara anggur Eropa tumbuh paling baik dalam kondisi hangat dan kering.

Varietas hibrida biasanya mengambil beberapa fitur dari kedua jenis. Anggur muscadine berasal dari Amerika Serikat bagian selatan dan menghasilkan buah terbaik di iklim yang hangat dan lembap. 

Baca juga: Cara Menanam Anggur dari Bijinya, Mudah Dilakukan di Rumah

Pilih tanggal dan lokasi penanaman

Pastikan merencanakan jarak yang memadai jika menanam banyak tanaman merambat. Tanaman anggur membutuhkan jarak sekitar1,8 sampai tiga meter terpisah untuk sebagian besar jenis anggur dan 4,8 meter untuk anggur muscadines.

Lokasi penanaman yang ideal harus memiliki paparan sinar matahari penuh dan tanah yang gembur, dalam, serta berdrainase baik.

Awal musim semi adalah waktu terbaik untuk menanam anggur yang tidak aktif. Setelah siap menanam, carilah tanaman anggur berumur satu tahun, tidak aktif, tanpa akar dari kebun pembibitan yang memiliki reputasi baik.

Baca juga: Tips Menanam Anggur di Rumah dan Apartemen

Rendam akar dan tanaman di tanah

Ilustrasi tanaman anggurUnsplash/jose alfonso sierra Ilustrasi tanaman anggur
Sebelum menanam, rendam akar selentingan dalam air selama satu sampai tiga jam. Pastikan menanam akar dalam waktu 48 jam setelah perendaman.

Siapkan lokasi penanaman dengan melonggarkan tanah serta membuang kotoran seperti gulma, akar, juga bebatuan. 

Baca juga: Tips Memberi Pupuk untuk Stroberi agar Cepat Berbuah

Gunakan sekop untuk menggali lubang pada setiap selentingan yang berukuran lebar sekitar 30 sentimeter dan kedalaman 30 sentimeter.

Isi lubang dengan 10 sentimeter tanah gembur. Buang akar yang patah dan tempatkan tanaman ke dalam lubang bersama dengan 12 sentimeter tanah. Padatkan tanah, lalu isi sisa lubang tanpa dipadatkan. Sirami selentingan tepat setelah tanam.  

Baca juga: 9 Tips Mudah Menanam Stroberi Sendiri di Rumah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com