Kompas.com - 18/11/2021, 15:25 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sistem media tanam hidroponik adalah proses menanam tanaman berbasis air dan tanpa menggunakan tanah

Hal ini menguntungkan bagi banyak orang karena meniadakan beban pada pertanian berbasis tanah dan tidak memakan banyak lahan. 

Baca juga: 5 Tanaman Rempah dan Herbal yang Cocok Ditanam dengan Media Hidroponik

Sebaliknya, tanaman diberi makan air yang kaya nutrisi. Nutrisi yang ditambahkan ke air adalah kalium, kalsium, nitrogen, fosfor, dan banyak lagi.

Dengan hidroponik, orang dapat menanam lebih banyak tanaman menggunakan sumber daya yang lebih sedikit. Selain itu, media tanam hidroponik juga memberi banyak manfaat bagi taman

Melansir dari My Decorative, Kamis (18/11/2021), berikut empat manfaat media tanam hidroponik untuk taman.  

Baca juga: 5 Tanaman Herbal yang Dapat Ditanam dengan Media Hidroponik

Memfasilitasi iklim mikro

Ilustrasi menanam tanaman dengan sistem hidroponik. PIXABAY/IAMARERI Ilustrasi menanam tanaman dengan sistem hidroponik.
Karena kebun hidroponik berada di rumah kaca hidroponik, Anda dapat memfasilitasi iklim mikro.

Sebagian besar, petani tradisional harus mengatasi masalah iklim seperti kekeringan atau curah hujan dan berurusan dengan hama, yang mendorong menggunakan insektisida atau herbisida.

Namun, di rumah kaca hidroponik, Anda dapat mengontrol suhu di taman. Terlepas dari cuaca atau iklim di luar, Anda dapat menanam tanaman sepanjang tahun tanpa perlu menunggu musim yang tepat untuk menanam tanaman semusim karena rumah kaca hidroponik memiliki iklim mikro. 

Baca juga: 3 Sayuran Hidroponik yang Bisa Cepat Dipanen, Apa Saja?

Hal yang dibutuhkan hanyalah membangun rumah kaca dengan benar. Lakukan dengan memasang dan menggunakan aksesori, barang, dan produk yang tepat di rumah kaca.

Anda mungkin memerlukan saluran phonic trap, filter udara, dan ekstraktor udara untuk pengaturan pertumbuhan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.