Kompas.com - 25/07/2021, 09:50 WIB
Ilustrasi tanaman alocasia reginula atau alocasia black velvet. SHUTTERSTOCK/PORNPAN SANGKARATIlustrasi tanaman alocasia reginula atau alocasia black velvet.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mampu membuat tanaman alocasia tumbuh besar dengan cepat adalah salah satu hal yang diinginkan setiap pemiliknya.

Alocasia yang tumbuh lebih besar membuat tampilannya jauh lebih cantik dan menarik. Bila menginginkan tanaman alocasia milikmu tumbuh besar dengan cepat, ada salah satu hal penting yang perlu dilakukan. 

Baca juga: Akar Tanaman Alocasia Busuk? Ini Penyebab dan Cara Menanganinya

Dikutip dari kanal YouTube Tanam-Tanam, Minggu (25/7/2021), tips membuat alocasia tumbuh besar dengan cepat adalah rajin melakukan repotting atau pemindahan tanaman ke pot atau wadah yang lain.

Alocasia perlu rutin dipindahkan ke pot yang lebih besar minimal enam bulan sekali, paling bagus empat bulan sekali.

Selain itu, waktu yang tepat untuk repotting alocasia bisa dilakukan ketika akar tanaman sudah keluar dari bagian bawah pot atau potnya yang sudah tidak lagi cukup untuk dijadikan sebagai wadah alocasia. 

Nah, berikut ini cara repotting tanaman alocasia agar tumbuh besar dengan cepat. 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Simak, Cara Merawat Alocasia agar Tumbuh dengan Baik

Cara repotting tanaman alocasia

  • Siapkan pot baru yang lebih besar

Langkah pertama me-repotting alocasia adalah menyiapkan pot baru yang lebih besar untuk wadah tanaman. Usahakan agar ukuran pot baru yang digunakan dua kali lebih besar dari ukuran pot sebelumnya.

  • Isi pot dengan media tanam

Isi volume pot dengan media tanam baru. Media tanam yang digunakan adalah dua bagian sekam bakar, dua bagian pakis cacah, dua bagian sabut kelapa, satu bagian hydroton, satu bagian pasir malang, satu bagian cocopeat, dan setengah bagian vermicompost

Baca juga: Kenali Hama dan Penyakit pada Tanaman Alocasia

  • Pindahkan tanaman alocasia

Setelah pot baru diisi dengan media tanam yang baru, pindahkan tanaman alocasia dari pot lama beserta media tanamnya.

Selanjutnya, tambahkan media tanam untuk memadatkan volume pot alocasia yang baru agar akar alocasia semakin berkembang. 

Baca juga: Ini Penyebab Daun Alocasia Layu dan Solusinya

Rajin melakukan repotting dapat membuat akar alocasia selalu segar karena media tanam dan sirkulasi udaranya menjadi baru sehingga akar alocasia cepat membesar.

Jika akar alocasia semakin besar, hal itu akan membuat tampilan alocasia menjadi lebih besar. Karena itu, pastikan agar tanaman alocasia di-repotting agar akarnya berkembang.

Sebaliknya, akar tanaman alocasia yang tidak tumbuh besar membuat fisik alocasia tidak akan tumbuh besar dan jumlah daunnya tidak berkembang.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.