Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Hal yang Perlu Dilakukan Saat Mencuci Piring di Mesin Pencuci Piring

Kompas.com - 21/11/2021, 14:02 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring merupakan salah satu peralatan elektronik dapur yang digunakan untuk membersihkan piring kotor dan sebagainya.

Namun, mencuci piring kotor menggunakan mesin pencuci piring terkadang memberikan hasil yang tidak bersih sepenuhnya seperti sisa-sisa kotoran yang masih mengeras.

Jika piring kotor yang dicuci di mesin pencuci piring tidak sebersih yang diinginkan, ada beberapa ide yang perlu coba.

Dilansir dari Angi, Minggu (21/11/2021), berikut empat hal yang perlu dilakukan saat mencuci piring dengan mesin cuci piring agar hasilnya lebih bersih dan harum. 

Baca juga: 10 Fakta Menarik Mesin Pencuci Piring, Sudah Tahu?

Ganti sabun pencuci piring

Terkadang model mesin pencuci piring tertentu paling cocok dengan jenis atau merek sabun pencuci piring tertentu.

Tanyakan kepada produsen mesin pencuci piring untuk melihat produk apa yang mereka rekomendasikan.

Bisa pula melakukan tes di rumah dengan mencoba berbagai merek atau aplikasi berbeda seperti gel cair, polong, atau tablet dan lihat mana yang menyelesaikan pekerjaan dengan mesin pencuci piring. 

Baca juga: Perlukah Membilas Piring Kotor Sebelum Dicuci di Mesin Pencuci Piring? 

Jangan mengisi mesin pencuci piring terlalu penuh

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNER Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Terlalu banyak piring dapat membuat sulit untuk menyingkirkan kotoran secara efektif. Sisakan ruang yang cukup agar tidak memiliki banyak piring yang saling tumpang tindih.

Selain itu, selalu putar penyemprot sebelum menutup mesin pencuci piring untuk memastikan tidak ada piring tinggi yang menghalangi gerakan penyemprot. 

Baca juga: Stop Mencuci Pisau di Mesin Pencuci Piring, Ini Bahayanya

Bersihkan mesin pencuci piring secara teratur

Jalankan siklus pencucian mesin pencuci piring pada pengaturan suhu terpanas dengan cuka putih suling (tanpa piring) sekitar sebulan sekali.

Hal ini bertujuan menghilangkan kapur dan penumpukan air keras serta jamur dari mesin pencuci piring. Selain itu, menjaga piring kotor memiliki aroam segar dan bersih setelah dicuci.

Baca juga: Benarkah Menggunakan Mesin Pencuci Piring Lebih Boros? 

Bersihkan partikel makanan besar dari bagian bawah mesin pencuci piring dan kosongkan keranjang filter untuk mencegah penyumbatan.

Kamu juga dapat membersihkan mesin pencuci piring beberapa kali dalam setahun untuk menghentikan pertumbuhan bakteri sebelum menjadi tidak terkendali.

Ganti mesin pencuci piring setelah 8-10 tahun

Mesin pencuci piring memiliki usia pemakaian delapan sampai 10 tahun. Jadi, apabila mesin pencuci piring mendekati masa akhir pemakaian dan kamu melihat piring kotor yang dicuci tidak lagi cukup bersih, mungkin sudah waktunya untuk pergi membeli mesin pencuci piring baru.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com