Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Manfaat Mesin Pencuci Piring Selain Membersihkan Peralatan Makan

Kompas.com - 28/10/2021, 12:40 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring atau dishwasher berfungsi membersihkan berbagai perlengkapan makan dan peralatan dapur seperti piring, gelas, sendok, panci, dan sebagainya. 

Namun, sebetulnya, mesin pencuci piring lebih dari sekadar membersihkan atau mencuci perlengakapan makan. Rupanya, mesin pencuci piring juga bermanfaat meringankan beragam beban pekerjaan rumah tangga lainnya. 

Dilansir dari All Recipes, Kamis (28/10/2021), berikut manfaat mesin pencuci piring selain mencuci perlengkapan makan. 

Baca juga: Benarkah Menggunakan Mesin Pencuci Piring Lebih Boros?

Mencuci topi

Untuk menghindari topi membengkok ketika dicuci dengan mesin cuci, lemparkan topi ke rak atas mesin pencuci piring dan jalankan siklus dingin (cold cycle).

Kamu bisa menggunakan campuran baking soda dan cuka untuk membersihkan dan menghilangkan bau pada topi. Namun, jangan menjalankan siklus pengeringan. Sebagai gantinya, biarkan topi mengering di luar ruangan. 

Baca juga: Punya Mesin Pencuci Piring? Hindari Menggunakannya Terlalu Sering

Segarkan sandal jepit

Sandal jepit bisa menjadi kotor, berpasir, bau, dan lengket setelah dipakai terus-menerus.

"Gantung sandal jepit di rak dan jalankan siklus dingin (cold cycle), gunakan campuran baking soda dan cuka. Sandal jepit akan bersih dalam waktu singkat," kata Molly Maid, perusahaan neighbourly.

Selain itu, sepatu bot hujan, sepatu air, hingga sneaker berbahan kanvas dengan sol karet dapat dicuci dengan aman di mesin pencuci piring. Namun, hindari mengeringkan dengan siklus pengeringan untuk menghindari penyusutan. 

Baca juga: 3 Mitos Mesin Pencuci Piring yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya

Cuci piring microwave

Piring atau tatakan dalam microwave kerap terkena tumpahan dan cipratan berbagai makanan. Tumpahan ini bisa dengan cepat mengeras dan menimbulkan bau. 

"Letakkan piring microwave di rak bawah dengan piring dan mangkuk yang lain. Biasakan melakukan ini seminggu sekali," kata Molly Maid. 

Bersihkan kotoran dari peralatan berkebun

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNER Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.
Peralatan berkebun yang sering digunakan tentu akan membuatnya mudah kotor. 

"Perkakas tangan dengan gagang plastik, keramik, atau karet bisa dicuci dengan mesin pencuci piring. Sabun pencuci piring boleh digunakan dalam kasus ini," saran Molly Maid. 

Baca juga: 8 Barang yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Mesin Pencuci Piring

Membersihkan mainan anak

Mainan anak berbabahan plastik dan karet dapat dicuci dengan mesin pencuci piring. Sekali lagi, siapkan larutan baking soda dan cuka sebagai pembersih alami.

Masukkan mainan tipis ke dalam tempat peralatan perak, lalu kemas apa pun dari tempat penyimpanan mainan yang dapat dimasukkan ke mesin pencuci piring.

Dengan begitu, mainan anak mendapatkan bak mandi busa yang layak. Pastikan menggunakan pengaturan opsi pengeringan karena pembersihan uap tidak ada salahnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com