Kompas.com - 19/10/2021, 10:33 WIB
Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain menggunakan tangan, saat ini Anda bisa mencuci piring kotor secara praktis dengan mengandalkan mesin pencuci piring atau dishwasher.

Namun, di balik kepraktisannya, banyak yang menganggap bahwa mencuci piring dan sebagainya di mesin pencuci piring lebih boros dibandingkan mencuci dengan tangan di bak cuci piring.

Lantas, benarkah mencuci piring di mesin pencuci piring membuat siapa pun menjadi lebih boros?

Baca juga: Hindari 5 Kesalahan dalam Mencuci Piring Ini

Dilansir dari The Kitchn, Selasa (19/10/2021), Ilmuwan Senior P&G Home Care, Morgan Brashear mengatakan bahwa anggapan tersebut tidak tepat.

Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.SHUTTERSTOCK/LESZEK GLASNER Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.

Ia mengatakan bahwa mesin pencuci piring sebenarnya dirancang agar lebih efisien daripada mencuci piring dengan tangan. Meski bertentangan dengan kepercayaan orang banyak, mencuci piring di mesin pencuci piring jauh lebih hemat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Akan tetapi, pastikan mesin pencuci piring terisi penuh oleh piring maupun peralatan makan dan peralatan masak yang kotor lainnya saat siklus pencucian.

Brashear mengatakan, studi Cascade menemukan bahwa rata-rata orang menggunakan 4 galon (15,142 liter) air setiap 2 menit mencuci piring di wastafel atau bak cuci piring. 

Baca juga: Studi Ungkap, Mencuci Piring Bisa Menurunkan Stres

Sedangkan mesin pencuci piring bersertifikat Energy Star menggunakan kurang dari empat galon air per siklus pencucian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber The Kitchn
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.