Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Manfaat Mesin Pencuci Piring Selain Membersihkan Peralatan Makan

Namun, sebetulnya, mesin pencuci piring lebih dari sekadar membersihkan atau mencuci perlengakapan makan. Rupanya, mesin pencuci piring juga bermanfaat meringankan beragam beban pekerjaan rumah tangga lainnya. 

Dilansir dari All Recipes, Kamis (28/10/2021), berikut manfaat mesin pencuci piring selain mencuci perlengkapan makan. 

Mencuci topi

Untuk menghindari topi membengkok ketika dicuci dengan mesin cuci, lemparkan topi ke rak atas mesin pencuci piring dan jalankan siklus dingin (cold cycle).

Kamu bisa menggunakan campuran baking soda dan cuka untuk membersihkan dan menghilangkan bau pada topi. Namun, jangan menjalankan siklus pengeringan. Sebagai gantinya, biarkan topi mengering di luar ruangan. 

Segarkan sandal jepit

Sandal jepit bisa menjadi kotor, berpasir, bau, dan lengket setelah dipakai terus-menerus.

"Gantung sandal jepit di rak dan jalankan siklus dingin (cold cycle), gunakan campuran baking soda dan cuka. Sandal jepit akan bersih dalam waktu singkat," kata Molly Maid, perusahaan neighbourly.

Selain itu, sepatu bot hujan, sepatu air, hingga sneaker berbahan kanvas dengan sol karet dapat dicuci dengan aman di mesin pencuci piring. Namun, hindari mengeringkan dengan siklus pengeringan untuk menghindari penyusutan. 

Cuci piring microwave

Piring atau tatakan dalam microwave kerap terkena tumpahan dan cipratan berbagai makanan. Tumpahan ini bisa dengan cepat mengeras dan menimbulkan bau. 

"Letakkan piring microwave di rak bawah dengan piring dan mangkuk yang lain. Biasakan melakukan ini seminggu sekali," kata Molly Maid. 

"Perkakas tangan dengan gagang plastik, keramik, atau karet bisa dicuci dengan mesin pencuci piring. Sabun pencuci piring boleh digunakan dalam kasus ini," saran Molly Maid. 

Membersihkan mainan anak

Mainan anak berbabahan plastik dan karet dapat dicuci dengan mesin pencuci piring. Sekali lagi, siapkan larutan baking soda dan cuka sebagai pembersih alami.

Masukkan mainan tipis ke dalam tempat peralatan perak, lalu kemas apa pun dari tempat penyimpanan mainan yang dapat dimasukkan ke mesin pencuci piring.

Dengan begitu, mainan anak mendapatkan bak mandi busa yang layak. Pastikan menggunakan pengaturan opsi pengeringan karena pembersihan uap tidak ada salahnya.

Kamu juga bisa membersihkann mainan hewan peliharaan berbahan plastik atau karet dengan mesin pencuci piring. 

Mencuci sayur dan buah 

Umumnya, orang mencuci buah dan sayur di wastfel. Ternyata mesin pencuci piring juga bisa digunakan untuk mencuci buah dan sayur.

Caranya, masukkan buah dan sayur mesin pencuci piring, lalu jalankan siklus dingin (cold cycle) tanpa sabun dan lewati pengaturan pengeringan. 

Cuci peralatan olahraga

Pelindung tulang kering, pelindung lutut, helm, dan pelindung mulut bisa menimbulkan bau setelah beberapa latihan atau permainan yang berat.

Masukkan semua benda tersebut ke mesin pencuci piring dengan campuran baking soda dan larutan cuka, lalu jalankan siklus panas (hot cycle).

https://www.kompas.com/homey/read/2021/10/28/124000876/7-manfaat-mesin-pencuci-piring-selain-membersihkan-peralatan-makan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke