Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Mitos Mesin Pencuci Piring yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya

Kompas.com - 11/08/2021, 22:16 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring adalah sebuah kebutuhan untuk dapur modern, yang semakin memudahkan pekerjaan manusia.

Selain memudahkan, memiliki mesin pencuci piring membuat kamu tak perlu lagi merasa jijik saat mencuci piring

Baca juga: 5 Alasan Mesin Cuci Dua Tabung Masih Diminati Masyarakat Indonesia

Meski bukan sesuatu yang baru, cara tepat untuk memuat dan menjalankan mesin pencuci piring masih cukup sulit dipahami. Bahkan ada sejumlah mitos tentang mesin pencuci piring yang berkembang di masyarakat. Apa saja?

Dilansir dari Womans World, Rabu (11/2021), berikut ini tiga mitos mesin pencuci piring yang tidak perlu lagi dipercaya. 

Baca juga: Cara Membuat Mesin Cuci Tahan Lama hingga 10 Tahun

Kamu perlu membilas piring terlebih dahulu

Membilas piring terlebih dulu dapat membantu hasil pembersihan mesin pencuci piring secara menyeluruh, tetapi itu sama sekali tidak perlu.

Cukup luangkan beberapa detik untuk membuang sisa makanan besar, lalu segera masukkan piring ke mesin cuci, dan mulai siklus pencucian.

Penelitian menunjukkan bahwa membilas piring sebelum menumpuknya dalam mesin pencuci piring dapat membuang hingga 37 liter air per muatan ke saluran pembuangan. Jadi, tak perlu membilas piring sebelum dimasukkan ke mesin cuci piring. 

Baca juga: 5 Tips Membuat Kegiatan Mencuci Piring Lebih Mudah dan Menyenangkan

Satu-satunya hal untuk membilas piring adalah jika kamu tidak berencana menjalankan siklus pencucian pada mesin pencuci piring selama beberapa hari.

Bisa pula bila ada sisa makanan dalam jumlah berlebihan di piring seperti saus tomat, kuah kari, dan alpukat.

Residu ringan pada piring bisa diatasi oleh detergen mesin pencuci piring. Bersihkan mesin pencuci piring secara teratur untuk mencegah bau dan penumpukan kotoran. 

Baca juga: 6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Bak Cuci Piring 

Mesin pencuci piring akan menaikkan tagihan listrik

Hal ini sangat tergantung pada seberapa sering kamu menggunakan mesin pencuci piring. Jumlah energi yang digunakan mesin pencuci piringmu bergantung pada efisiensi energinya.

Berinvestasi pada mesin pencuci piring hemat energi berguna menyelamatkan bumi dan tagihan listrik. 

Baca juga: 4 Cara Mudah Membersihkan Rak Piring

Hanya boleh mencuci piring dalam keadaan penuh

Meski hal ini mungkin berlaku untuk model mesin pencuci piring yang lebih lama, tetapi tidak perlu memuat mesin pencuci piring sepenuhnya sebelum menggunakannya.

Faktanya, mesin pencuci piring baru memiliki opsi "half load" atau "setengah beban", yakni kamu dapat memilih hanya mencuci piring di rak tengah atau bawah.

Ada juga opsi mencuci piring untuk muatan kecil dengan hanya sedikit piring kotor yang dapat diselesaikan dalam waktu lebih cepat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com