Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membeli Bak Cuci Piring

Kompas.com - 20/07/2021, 16:58 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bak cuci piring atau kitchen sink adalah peralatan yang sering terpasang di ruang dapur mana pun untuk kegiatan mencuci piring, sayuran, buah, daging, dan sebagainya.

Namun, membeli bak cuci piring tidak boleh tergesa-gesa. Ada banyak aspek yang perlu diperhatikan saat membelinya agar dapat yang tepat dan tidak membuat kecewa.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (20/7/2021), berikut ini enam hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli bak cuci piring

Baca juga: 10 Hal yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Bawah Bak Cuci Piring

Ketahui ukuran bak cuci piring dan ruang meletakkannya

Sebelum membeli bak cuci piring, kamu perlu mengetahui berapa ukuran dapur dan bak cuci piring baru.

Jika memiliki dapur yang cukup besar, kamu akan lebih leluasa menentukan ukuran bak cuci piring yang diinginkan. Namun, jika dapur kecil, kamu perlu memilih bak cuci piring yang lebih minimalis.

Baca juga: 10 Hal yang Sebaiknya Tidak Disimpan di Bawah Bak Cuci Piring 

Selain mengetahui ukurannya, kamu juga perlu memperhatikan penempatan bak cuci piring. Area bak cuci adalah area yang sering terkena air sehingga cukup lembap.

Jadi, tempatkan bak cuci piring di dekat jendela dapur. Jika tidak memiliki jendela dapur, kamu dapat melapisi dinding dekat bak cuci piring dengan keramik dinding dapur agar tidak merusak tembok dapur.

Tentukan jumlah bak cuci piring yang dibutuhkan

Ada beberapa bak cuci piring yang memiliki berbagai jumlah, baik satu, dua, bahkan tiga bak. Pastikan menentukan jumlah bak yang sesuai dengan kebutuhan dan ukurannya tepat dengan ruang untuk meletakkan bak cuci piring. 

Baca juga: Cara Membersihkan Wastafel Dapur agar Bebas Kotoran dan Bakteri

Menilai materialnya

Bak cuci piring terbuat dari beragam material, dari tembaga, besi, granit, stainless steel, hingga keramik. Masing-masing material atau bahan pelapis dari bak cuci piring bisa menentukan kualitas dan daya tahannya.

Stainless steel menjadi material bak cuci piring yang paling umum dan dinilai memiliki daya tahan tinggi. Sementara, bak cuci piring berbahan keramik terkenal kuat, mudah dibersihkan, dan tahan terhadap suhu panas maupun dingin.

Jadi, ketahui kelebihan dan kekurangan dari masing-masing material bak cuci piring dan pilih yang menurutmu paling terbaik. 

Baca juga: Cara Membersihkan Saluran Wastafel Dapur yang Bau

Pelajari fitur-fiturnya

Masing-masing bak cuci piring biasanya memiliki beragam fitur. Jadi, pelajari fitur yang ditawarkan bak cuci piring yang diinginkan.

Selain itu, perhatikan juga fitur tambahan dari bak cuci piring seperti saringan atau penutup lubang air. Saringan yang berkualitas membantu menghindari penyumbatan. Sementara itu, penutup lubang air akan membantu menghemat air.

Baca juga: Mitos dan Fakta Tentang Saluran Pembuangan Wastafel Dapur 

Beli di toko tepercaya

Hal satu ini selalu disarankan ketika membeli barang apa pun, termasuk bak cuci piring. Pastikan membeli bak cuci piring di toko tepercaya sehingga terhindar dari kerugian dan mendapat garansi toko yang jelas.

Tanyakan tentang cara perawatan kepada penjual

Setiap material bak cuci piring tentu membutuhkan metode perawatan yang berbeda pula. Jadi, tanyakan kepada penjual tentang cara perawatan bak cuci piring yang dibeli agar bisa bertahan lama digunakan tanpa ada masalah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com