Kompas.com - 19/11/2021, 09:46 WIB
Ilustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher. SHUTTERSTOCK/ANDREY_POPOVIlustrasi mesin pencuci piring atau dishwasher.

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring (dishwasher) menjadi perangkat elektronik yang memudahkan manusia dalam urusan mencuci peralatan masak, makan, dan minum.

Karena terkesan mewah dan mahal, mungkin kamu tidak sepenuhnya tahu tentang perangkat elektronik satu ini.

Namun, ada begitu banyak hal menarik yang perlu kamu ketahui tentang mesin pencuci piring, sehingga bisa membuatmu kagum.

Baca juga: Perlukah Membilas Piring Kotor Sebelum Dicuci di Mesin Pencuci Piring?

Dilansir dari Stylevanity, Jumat (19/11/2021), berikut ini 10 fakta menarik mengenai mesin pencuci piring yang mungkin tak kamu ketahui.

1. Lebih hemat air

Mungkin hal ini berlawanan dengan kepercayaan populer bahwa mesin pencuci piring menggunakan banyak air. Namun,  penggunaan mesin pencuci piring secara maksimal benar-benar mengurangi penggunaan air hingga 70 persen dibandingkan mencuci dengan tangan.

Jika masih belum puas, kamu dapat memilih mesin pencuci piring dengan model hemat energi.

2. Cocok untuk segala bentuk peralatan makan

Pernahkah kamu menahan diri untuk tidak membeli peralatan makan berbentuk aneh karena takut tidak akan masuk ke mesin pencuci piring? Jika iya, maka kamu tidak harus melakukan itu.

Baca juga: Stop Mencuci Pisau di Mesin Pencuci Piring, Ini Bahayanya

Beberapa konfigurasi keranjang mesin pencuci piring tersedia di pasaran, dan peralatan makanmu yang berbentuk aneh pasti akan menemukan yang cocok.

3. Bisa dipakai membuat lasagna

Kumpulkan bahan untuk membuat lasagna dan bungkus rapat dengan aluminium foil. Setelah itu tempatkan kemasan aluminium foil berisi lasagna di rak bawah mesin pencuci piring.

Atur ke pengaturan 'heated dry' dan jalankan siklusnya. Ini bisa memakan waktu sekitar 2,5 jam. Biarkan lasagna selama 10 menit sebelum disajikan.

Ini mungkin bukan cara paling efektif untuk memasak lasagna, tapi merupakan alternatif ketika oven atau microwave mengalami kerusakan.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.