Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Punya Mesin Pencuci Piring? Hindari Menggunakannya Terlalu Sering

Kompas.com - 14/10/2021, 14:09 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Mesin pencuci piring merupakan salah satu barang elektronik yang mulai banyak hadir pada dapur modern.

Namun, sebaiknya mesin pencuci piring di rumah tidak digunakan setiap hari. Pasalnya, mesin pencuci piring yang sering digunakan dapat membuat mesin cepat rusak dan membutuhkan perbaikan. 

Baca juga: 3 Mitos Mesin Pencuci Piring yang Tidak Perlu Lagi Dipercaya

Hal ini mungkin membuat kamu terkejut, terlebih bila selam ini menggunakan mesin cuci piring setiap hari.

Menurut Ron Shimek, Presiden Mr Appliance, perusahaan pelayanan perbaikan, jumlah siklus penggunaan mesin pencuci piring per minggu di rumah tangga rata-rata adalah sekitar lima kali. 

Apabila ingin mesin pencuci piring bertahan lebih lama, kurangi jumlah pemakaiannya dari lima kali dalam seminggu. 

Baca juga: 8 Barang yang Tidak Boleh Dibersihkan dengan Mesin Pencuci Piring

“Mereka yang menggunakan mesin pencuci piring kurang dari lima kali cenderung memiliki lebih sedikit perbaikan," kata Shimek The Kitchn, Kamis (14/10/2021).

Selain itu, Shimek menambahkan, mereka yang menggunakan mesin pencuci piring kurang dari lima kali dalam seminggu juga lebih jarang mengganti mesin pencuci piring, berbeda dengan mereka yang memakainya enam kali atau lebih dalam seminggu.

Perlu diketahui, mesin pencuci piring biasanya memiliki masa pakai sekitar 10 tahun. Namun, jika menggunakannya lebih dari lima kali dalam seminggu, kamu bisa memperpendek usia pemakaian dan menggantinya kurang dari 10 tahun. 

Baca juga: Cara Mudah Membersihkan Mesin Pencuci Piring

"Jika memotong siklus pencucian menjadi kurang dari lima kali per minggu sembari tetap melakukan pembersihan dan perawatan mesin pencuci piring, mesin pencuci piring bisa bertahan 12 tahun atau lebih," ujar Shimek.

Karena itu, hindari menjalankan mesin pencuci piring sekali sehari atau setiap hari demi memperpanjang usia pemakaian mesin. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com