Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Mengeringkan Dinding yang Basah akibat Kebocoran

Kompas.com - 27/07/2021, 17:23 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah ada kebocoran dan paparan air yang mengakibatkan dinding basah, penting untuk segera mengeringkannya.

Dinding basah yang dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan kerusakan struktural yang lebih luas dan dalam serta menumbuhkan jamur dan lumut yang berbahaya. Jika hal ini terjadi, penting untuk segera mengeringkan dinding.

Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (27/7/2021), berikut ini tips mengeringkan dinding basah akibat kobocoran. 

Baca juga: Meja Kerja Menghadap Dinding, Bagus atau Tidak Menurut Feng Shui?

Langkah-langkah mengeringkan dinding basah

Ventilasi alami merupakan salah satu alternatif untuk mengeringkan dinding. Jadi, buka jendela dan pintu untuk membantu proses pengeringan.

Ini adalah cara pengeringan yang paling murah, dengan asumsi dinding tidak mengalami masalah. Namun, cara ini memakan waktu dan jamur adalah organisme yang tumbuh cepat serta dapat menyebar saat menunggu dinding mengering ventilasi alami. 

Namun, apabila memilih mengeringkan dinding secara alami, berikut ini langkah-langkah yang bisa diikuti.

Baca juga: Langkah-langkah Memasang Wallpaper Pada Dinding

1. Hentikan sumber kebocoran air yang membasahi dinding dengan segera.

2. Lepaskan hiasan dinding dan lukisan. Jika dinding dilapisi wallpaper, kemungkinan besar kamu harus melepasnya dan menempelkannya kembali ketika dinding sudah kering.

3. Singkirkan lis di dinding. Untuk mengeringkan dinding dengan benar, kamu harus menghilangkan lis apa pun di bagian atas dan bawah dinding.

Jika tidak, dinding tidak akan memiliki ventilasi yang baik dan kelembapan dapat tetap terperangkap di belakang lis dinding. 

Baca juga: 7 Warna Cat Dinding yang Bikin Kamar Mandi Sempit Tampak Luas

4. Buka kabinet (lemari kecil) yang menempel pada dinding untuk membantu mempercepat pengeringan.

Jika dinding lembap atau basah dijadikan tempat memasang kabinet atau furnitur lain yang mirip, buka pintunya dan lepaskan laci.

Selain membantu mengeringkan kabinet secara lebih cepat, tindakan ini juga mempercepat proses pengeringan secara keseluruhan karena sirkulasi udara di area tersebut akan meningkat. 

Baca juga: 6 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Mengecat Dinding Rumah

5. Keringkan bercak basah berukuran kecil dengan kipas angin. Jika dinding yang basah hanya terjadi di area kecil, kamu dapat mengeringkannya dengan kipas angin yang bisa bergerak ke segala arah.

Cara melakukannya adalah menempatkan satu kipas angin atau lebih di depan area yang basah dan menyalakannya pada kecepatan paling tinggi. Cara ini membersihkan udara lembap dan secara aktif mengeringkan area yang basah. 

Baca juga: 5 Tips Memilih Keramik untuk Lantai dan Dinding Dapur

Setel kipas angin agar bergerak jika ingin mengeringkan beberapa area dinding hanya dengan menggunakan satu kipas angin.

6. Gunakan dehumidifier (alat penurun kelembapan) untuk mengatasi bercak berukuran besar. Letakkan dehumidifier di ruangan yang terdapat dinding basah.

Pastikan menutup semua pintu dan jendela ruangan sebelum menyalakan dehumidifier.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com