Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/06/2021, 14:00 WIB
Abdul Haris Maulana,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Paparan cahaya dan panas sinar matahari adalah hal penting yang dibutuhkan semua tanaman, termasuk tanaman hias, untuk proses fotosintesis dan pertumbuhan.

Namun, tahukah kamu kalau ada beberapa tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari? Tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari ini cocok bagi kamu yang tidak ingin repot-repot menjemur tanaman. 

Baca juga: Selain Tanaman Bunga, Ini 5 Tanaman Pohon Beraroma Harum

Dikutip dari kanal YouTube Fifteen, Kamis (24/6/2021), berikut ini delapan tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari.

Tillandsia

Ilustrasi tanaman hias Tillandsia. PIXABAY/JGGRZ Ilustrasi tanaman hias Tillandsia.
Tillandsia adalah tanaman yang mudah dirawat karena tidak membutuhkan tanah atau media tanam untuk bertahan hidup. 

Baca juga: Bukan Mitos, Ini 3 Manfaat Tanaman di Ruang Kerja

Tanaman dari keluarga Bromeliaceae ini cocok untuk kamu yang mencari tanaman hias kecil dan tidak mau repot-repot berurusan dengan pot atau tanah. Kamu bisa menyimpan tillandsia di terarium yang dilubangi sehingga mendapat banyak sirkulasi udara.

Anthurium

Ilustrasi bunga anthurium. SHUTTERSTOCK/NITIPHAT Ilustrasi bunga anthurium.
Ingin rumah terlihat lebih berwarna? Kamu bisa menanam anthurium berukuran kecil. Merawat anthurium tidak terlalu sulit. Kamu cukup menaruhnya di tempat yang cukup cahaya, tetapi jangan menyimpannya di bawah matahari langsung. 

Baca juga: 5 Tanaman Gantung yang Dapat Mengubah Suasana Ruangan

Daun asparagus atau Asparagus fern

Meski dinamakan asparagus, tanaman ini sebenarnya termasuk dalam keluarga lili atau Liliaceace.

Apabila ingin mengoleksi tanaman ini, berikan ruang yang agak besar agar daunnya bisa mengembang indah dan memberikan kesan sejuk di sudut rumah. 

Baca juga: Cara Membasmi Kutu Daun pada Tanaman Cabai, Pakai Sabun Cuci Piring

Baby toes

Tanaman lucu ini masih termasuk dalam keluarga sukulen. Baby toes sendiri diartikan jari kaki bayi lantaran memiliki tampilan mirip dengan jari kaki bayi.

Baby toes tidak membutuhkan paparan sinar matahari langsung. Jadi, tanaman ini sangat cocok untuk menghias meja kerja, bahkan disimpan di samping tempat tidur. 

Baca juga: 6 Tanaman Hias yang Tidak Membutuhkan Cahaya Matahari Langsung

Tanaman besi cor atau cast iron plant

Tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari selanjutnya adalah tanaman besi cor atau cast iron plant.

Tanaman ini adalah salah satu jenis tanaman hias populer karena tahan terhadap berbagai kondisi cahaya dan tanah sehingga perawatannya tidak terlalu sulit.

Chinese money plant

Chinese money plant atau Pilea peperomioides adalah tanaman yang bisa tumbuh dengan mudah dan dapat diperbanyak. 

Baca juga: Kapan Harus Menyiram Tanaman? Ini Panduannya

Tanaman ini memiliki bentuk daun agak bulat dan sedikit meruncing dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bentuk inilah yang membuat tanaman ini disebut Chinese money plant, yang artinya tanaman koin Cina.

Echeveria

Ilustrasi tanaman hias Echeveria. PIXABAY/BARBARA808 Ilustrasi tanaman hias Echeveria.
Echeveria adalah salah satu jenis sukulen yang paling sering ditemui di pasaran, yang dapat mempercantik meja kerja atau meja belajar. 

Baca juga: Pestisida Alami yang Bisa Usir Semut Pengganggu Tanaman

Meski tidak membutuhkan sinar matahari, kamu tidak boleh terlalu sering menyiram tanaman ini, karena ia akan mati jika tanahnya terlalu basah.

Cocor bebek

Cocor bebek, salah satu tanaman yang berkembang biak dengan tunas adventifbobo.grid.id Cocor bebek, salah satu tanaman yang berkembang biak dengan tunas adventif
Terakhir, tanaman yang tidak membutuhkan sinar matahari adalah cocor bebek. Tanaman ini sering dipilih untuk menghias rumah karena memiliki bunga dengan warna yang cerah. 

Baca juga: Tanda-tanda Tanaman Hias Bakal Mati yang Perlu Diketahui

Meski tidak membutuhkan sinar matahari, tanaman dari genus Kalanchoe perlu diletakkan di dekat jendela dan dapat berbunga dengan baik. 

Selain itu, jangan lupa memastikan tanah atau media tanam cocor bebek tetap terhidrasi dengan baik, tidak terlalu basah, dan tidak terlalu kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com