Kompas.com - 23/06/2021, 10:00 WIB
Ilustrasi semut hitam di tanaman. PIXABAY/ALEXAS_FOTOSIlustrasi semut hitam di tanaman.

JAKARTA, KOMPAS.com—Serangan semut bisa saja sangat merugikan tanaman terutama tanaman sayur yang akan kamu konsumsi sendiri.

Sayangnya, para pegelut kebun pemula, seringkali kesulitan mengatasi gangguan dari hama dan penyakit. Salah satu hama yang sering menyerang adalah semut.

Jika selama ini kita mengira semut hanya akan menjadi hama pengganggu di dalam rumah saja, padahal semut juga bisa menjadi pengganggu pertumbuhan tanaman.

Untuk itu, jika kamu mamiliki tanaman, ada baiknya segera menyingkirkan semut sebelum invansi mereka bisa membuat tanaman kerdil atau bahkan mati.

Baca juga: 6 Cara Mencegah Kehadiran Semut di Dapur

Kamu bisa saja membunuh semut dengan pestisida yang dijual di pasaran. Tapi kebanyakan pestisida seringkali mengandung bahan kimia berbahaya. Terlebih jika kamu memakainya pada tanaman yang akan kamu konsumsi, seperti ayur atau buah-buahan.

Kini ada pilihan lain yang bisa kamu coba yakni dengan membuat pestisida alami untuk mengatasi serangan semut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dilansir dari Times of India, Rabu (23/5/2021), seorang ibu rumah tangga bernama Juhi Sahu, yang memiliki lebih dari 250 jenis tanaman di rumahnya, mengatakan, bahwa kamu bisa mengusir semut dengan apapun yang beraroma jeruk, pasti tida disukai oleh nyamuk.

"Semut tidak suka jeruk, jadi peras lemon ke dalam cangkir dan taburkan ke tanaman. Ini akan bertindak sebagai pengusir dan akan menjauhkan tanaman dari tanaman, "kata Juhi.

Baca juga: 5 Cara Mencegah Semut Menyerang Rumah Anda

Selain itu, ada satu cara lain untuk membasmi para semut yakni dengan menggunakan larutan sabun.
“Campurkan satu sendok teh cairan air pencuci piring atau cairan sabun apa pun dalam satu liter air hangat. Semprotkan pada dan di sekitar tanaman,” kata Juhi.

Ilustrasi semut. PIXABAY/HANS BRAXMEIER Ilustrasi semut.

Jika kamu memiliki minyak peppermint, kamu bisa menambahkan beberapa tetes dalam larutan ini. Semprotkan larutan pada malam hari dan keesokan paginya semprotkan air bersih hanya untuk menghilangkan larutan sabun.

Baca juga: Membasmi Semut Bisa Pakai Bedak Bayi, Begini Caranya

“Bumbu seperti kayu manis, cengkeh, bubuk cabai, ampas kopi, atau daun teh mint kering dapat kamu sebar di sekitar pangkal tanaman untuk mencegah semut juga, " jelas Juhi.

 



25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X