Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/06/2021, 12:00 WIB
Dian Reinis Kumampung

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com—Tanaman memiliki banyak manfaat termasuk memperindah rumah. Jika kamu sedang ingin memenuhi rumah dengan tanaman, tak ada salahnya memilih tanaman rambat.

Tanaman ini akan memenuhi halaman dengan daun dan batangnya yang merambat. Hasilnya, rumah akan menjadi lebih cantik dan asri.

Untuk kamu yang ingin menambahkan tanaman, berikut enam pilihan tanaman merambat yang bisa kamu pilih seperti dilansir dari Centenary Landscaping, Minggu (6/6/2021).

Baca juga: 9 Tanaman Hias Daun Cantik yang Mudah Dirawat di Dalam Ruangan

1. Bougainvillea

Bougainvillea bisa ditemukan dalam berbagai warna cerah mulai dari warna merah, ungu, pink, jingga, dan krem. Tanaman ini adalah tanaman merambat yang tumbuh dengan cepat tetapi memiliki duri.

Bougainville adalah tanaman yang bisa tumbuh di sebagian besar zona tropis dan subtropis. Kamu bisa menyembunyikan pagar yang rendah atau ingin menutupi dinding dengan tanaman ini.

Tak hanya di taman, bougainville juga bisa kamu tanam di dalam pot.

2. Wisteria

Tanaman wisteriaPINTEREST.com/PINTEREST Tanaman wisteria

Wisteria bisa kamu temukan dalam warna putih, merah muda atau ungu dengan aroma yang sedap dan manis. Wisteria adalah tanaman merambat dimana daunnya akan tumbuh di atas bangunan seperti gerbang dan pagar.

Jika ingin menanam wisteria, kamu harus meletakkannya di tempat agak redup. Karena tanaman ini lebih suka terlindung dari matahari penuh.

Baca juga: Tips Merangkai Bunga Kering Agar Tampil Cantik

3. Star Jasmine (Trachelospermum jasminoides)

Tidak seperti melati pada umumnya yang akan menghambat pertumbuhan tanaman lain, Star Jasmin lebih ramah. Meski demikian, star jasmine tetap membawa sifat sejati melati yakni merambat, dan memiliki aroma manis yang kuat.

Bunga beraroma wangi ini bisa tumbuh subur di dalam pot atau di tanah. Star Jasmin tumbuh merambat hijau dan memiliki daun mengkilap tebal.

4. Markisa

Tanaman markisa.PINTEREST.com/PINTEREST Tanaman markisa.

Tanaman buah markisa ini menyukai iklim tropis dan sub-tropis dan merupakan penanam produktif yang tumbuh merambat.

Markisa bisa merambat di pagar kawat atau teralis. Tanaman ini membutuhkan waktu hingga 18 bulan untuk mencapai kematangan untuk berbuah, selama bulan itu kamu akan mendapatkan halaman atau pekarangan yang teduh karena pohonnya yang merambat.

Baca juga: Ingin Menanam Tanaman Buah di Dalam Rumah? Ini Tipsnya

5. Lee Kwan Yew atau janda merana

Lee Kwan Yew atau tanaman janda merana tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari. Dunnya yang kecil dan merambat, bisa juga diatur sehingga menyerupai air terjun.

Tanaman ini sangat ramah untuk ditanam bersama dengan tanaman yang lain. Cukup sirami dan beri pupuk berkala, janda merana akan memberikan warna hijau yang indah untuk halaman maupun pagar rumah dengan batang dan daunnya yang menjuntai.

6. Ficus pumila atau daun dollar

Ficus pumilaPINTEREST.com/PINTEREST Ficus pumila

Ficus pumila, umumnya dikenal sebagai ara merayap. Tanaman ini adalah spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga murbei yang berasal dari Asia Timur. Tanaman dolar kini sudah dinaturalisasi di bagian tenggara dan tengah-selatan Amerika Serikat.

Baca juga: 4 Tanaman Rambat yang Cocok di Dalam Ruangan dan Cara Merawatnya

Daunnya yang tebal dan hijau muda, memberikan kesan alami pada tembok hunian. Selain itu, daun dollar memiliki kebiasaan untuk tumbuh sangat rapi seperti layaknya tanaman palsu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com