Kompas.com - 06/06/2021, 11:00 WIB
Ilustrasi membersihkan karat di kamar mandi. SHUTTERSTOCK/Kryuchka YaroslavIlustrasi membersihkan karat di kamar mandi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan peralatan rumah tangga yang terbuat dari logam seperti kulkas, microwave, pisau, keran air kerap dihadapkan pada masalah umum yang dialami, yakni timbulnya karat pada peralatan tersebut.

Akibatnya, peralatan sulit dibersihkan, bahkan tidak bisa digunakan kembali. 

Baca juga: Tak Hanya Cat Kuku, Aseton Juga Bisa Bersihkan Benda-benda di Rumah

Dilansir dari Hunker, Minggu (6/6/2021), karat pada peralatan rumah tangga terbentuk ketika uap air mulai teroksidasi pada logam.

Munculnya karat pada permukaan benda dapat menyebabkan banyak masalah, termasuk pewarnaan dan kerusakan barang logam yang tidak dapat diperbaiki. 

Baca juga: Kegunaan Lain Aseton di Rumah Selain untuk Bersihkan Cat Kuku

Untuk mencegah masalah tersebut, segera menghilangkan karat secepatnya. Setelah itu, lakukan tindakan pencegahan yang diperlukan agar karat tidak terbentuk atau terjadi lagi.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, tak perlu khawatir. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karat dari berbagai permukaan peralatan logam, salah satunya menggunakan aseton

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat dari Peralatan Masak Berbahan Logam

Aseton adalah bahan pembersih yang biasa digunakan untuk menghapus kutek atau cat kuku. Cairan pembersih ini dapat dibeli di mana pun, baik di toko kosmetik, toko peralatan rumah tangga, hingga platform belanja online

Lantas, bagaimana cara menghilangkannya? Berikut ini cara menghilangkan karat pada peralatan logam menggunakan aseton. 

Baca juga: Trik Membersihkan Wastafel Cuci Piring yang Bernoda Karat 

Bawa barang ke luar rumah 

Langkah awal yang perlu dilakukan adalah membawa barang berkarat tersebut ke luar rumah atau membuka pintu serta jendela jika tidak memungkinkan untuk membawanya ke luar rumah.

Sebab, aseton dapat menghasilkan asap yang dapat menyebabkan sakit kepala dan mual. Dengan bekerja di area yang berventilasi baik, Anda dapat mencegah kemungkinan asap menumpuk di dalam ruangan. 

Baca juga: Cara Menghilangkan Karat dari Peralatan Masak Berbahan Logam

Tuangkan aseton 

Kemudian, gunakan sepasang sarung tangan karet dan tuangkan seperempat cangkir aseton ke dalam wadah plastik kecil. Basahi spons dan gosok bagian peralatan atau benda yang terdapat karat.

Gosok secara perlahan hingga sedang sampai bekas karat menghilang dari permukaan barang tersebut. 

Baca juga: Begini Cara Menghilangkan Karat dari Pagar Besi di Rumah

Gunakan kain bebas serat 

Setelah itu, basahi kain bebas serat dengan air dingin, lalu bersihkan residu karat atau sisa aseton yang masih menempel di permukaan benda. Selanjutnya, segera keringkan peralatan logam tersebut menggunakan handuk kering yang bersih.



Sumber Hunker
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X