Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pilihan Tanaman Bunga untuk Dekorasi di Dalam Ruangan

Kompas.com - 02/06/2021, 21:20 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam mendekorasi suatu ruangan tidak harus terbatas pada penggunaan furnitur tertentu saja, tapi juga dapat memanfaatkan tanaman hias sebagai elemen dekorasi di dalam ruangan tersebut.

Tak hanya memberikan kesan alami, meletakkan tanaman hias di dalam ruangan dapat memberikan udara yang lebih sejuk dan meningkatkan suasana hati pemilik rumah

Baca juga: 5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Meletakkan Tanaman Hias di Dapur

Dilansir dari Decortips, Rabu (2/6/2021), ada banyak area rumah yang bisa mendapatkan keuntungan dari sentuhan warna hijau pada tanaman.

Selain itu, tanaman hias juga dapat menambah suasana berbeda pada penataan ruang di dalam rumah. 

Baca juga: 5 Tanaman Gantung di Dalam Ruangan yang Dapat Menjernihkan Udara

Nah, berikut ini empat jenis tanaman bunga yang bisa dipilih untuk memberikan sentuhan dekorasi menarik di dalam ruangan. 

Begonia 

Tanaman bunga ini telah menjadi salah satu tanaman hias paling populer. Warna bunga dan keunikan daunnya membuatnya menjadi ikon dekoratif dalam dunia desain interior. 

Baca juga: Mengapa Tanaman Hidup Dibutuhkan Kamar Tidur? Ini Penjelasannya

Begonia membutuhkan perawatan harian seperti penyiraman dan paparan sinar matahari yang cukup. Jika kesehatannya memburuk, Anda cukup memotong daunnya yang bermasalah seperti menguning atau kering. 

Azalea 

Azalea adalah jenis tanaman bunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron yang tumbuh di wilayah beriklim sedang. 

Baca juga: 5 Ciri Tanaman Kekurangan Air yang Perlu Dicermati

Tanaman ini memiliki bunga berwarna merah muda dan menghasilkan kehangatan dan kebahagiaan.

Azalea membantu menghasilkan ruang yang lebih intens dan penuh hiasan. Tanaman hias ini bisa diletakkan di lantai menggunakan pot atau digantung di dinding. 

Baca juga: 8 Tanaman Hias yang Bisa Ditanam di Air

Anggrek 

Anggrek menjadi tanaman hias yang paling populer. Ada beberapa jenis anggrek, tetapi yang paling umum adalah yang berbunga putih. Mereka menawarkan estetika yang sederhana, tapi elegan.

Letakkan anggrek di dekat jendela atau ruangan menghadap timur ke selatan. Anggrek lebih menyukai paparan sinar matahari, tapi tidak secara langsung. 

Baca juga: Sejuk dan Menyegarkan, Ini 6 Tips Dekorasi Ruang Tamu dengan Tanaman

Geranium 

Tanaman bunga yang terkenal memiliki kemampuan mengusir nyamuk ini, ideal untuk diletakkan di balkon.

Geranium juga dapat menyesuaikan dengan suhu tinggi maupun rendah sehingga mudah dalam perawatannya. Ketika bermekaran, geranium memiliki warna yang sangat indah seperti merah muda dan merah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com