Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tanaman yang Dapat Hidup di Iklim Panas dan Kering

Kompas.com - 20/05/2021, 12:35 WIB
Aniza Pratiwi,
Esra Dopita Maret

Tim Redaksi

Sumber Decortips

JAKARTA, KOMPAS.com - Setiap tanaman hias memiliki karakteristik berbeda. Beberapa ada yang dapat hidup di lingkungan lembap, sementara sebagian lainnya hidup di lingkungan yang lebih kering dan panas.

Karena itu, mengetahui karakteristik tanaman, kebutuhan air, suhu, serta paparan sinar matahari bisa membantu Anda merawat tanaman dengan baik dan benar. 

Baca juga: 3 Tanaman Hias yang Aman untuk Penderita Alergi

Dilansir dari Decortips, Kamis (20/5/2021), paparan sinar matahari dan panas dapat menyebabkan kekeringan pada tanaman. Kondisi ini menyulitkan tanaman untuk tumbuh lantaran mereka membutuhkan banyak air.

Namun, tak perlu cemas, ada beberapa tanaman yang tidak memerlukan banyak air saat merawatnya. Nah, berikut ini tanaman yang dapat hidup di iklim panas dan kering. 

Baca juga: 6 Tanaman Pembersih Udara dan Polusi Terbaik di Rumah Menurut NASA

Geranium

Geranium memiliki bunga dengan aneka warna seperti putih, merah muda, dan ungu. Namun, terkadang bunganya bisa hampir hitam dengan bintik-bintik gelap.

Tanaman yang memiliki ciri khusus dengan daun membulat di bagian pinggir dan bunga berdiameter sekitar dua sampai tiga inci ini dapat mengatasi atau bertahan hidup pada iklim panas. Geranium membutuhkan banyak sinar matahari dan penyiraman secukupnya saja. 

Baca juga: 10 Tanaman Hias Gantung yang Cocok di Dalam Ruangan

Kaktus

Dikenal sebagai tanaman gurun, kaktus juga tetap membutuhkan penyiraman meski hanya sesekali saja dan pemberian pupuk selama setahun sekali.

Letakkan di tempat yang memiliki paparan sinar matahari penuh dan tanah berpasir untuk mencegah air tergenang terlalu lama di dalam potnya. 

Baca juga: Apa Itu Daun Bidara? Tanaman Herbal Berkhasiat Bisa buat Masakan

Sukulen 

Sukulen merupakan salah satu tanaman paling terkenal untuk iklim kering. Sukulen memiliki daun, akar, dan batang yang tebal untuk penyimpanan air sehingga mereka tidak memerlukan banyak penyiraman dan tahan terhadap kekeringan. 

Lidah Mertua 

Snake plant atau lidah mertua menjadi tanaman hias yang populer sejak beberapa tahun terakhir. Tanaman ini memiliki kemampuan hidup di iklim yang kering serta panas. 

Baca juga: 6 Lokasi Terbaik untuk Meletakkan Lidah Mertua Menurut Feng Shui

Hindari penyiraman yang berlebih karena akan membuat pertumbuhannya terhambat. Selain itu, lidah mertua memiliki manfaat untuk memurnikan udara di sekitarnya. 

Bougenvil 

Tanaman yang sering disebut bunga kertas ini juga tahan terhadap iklim yang kering serta panas. 

Baca juga: Kenapa Tanaman Sirih Gading Kerdil? Ternyata Ini Penyebabnya

Selain itu, bougenvil mudah dirawat dan tidak memerlukan asupan air yang banyak karena mereka bisa mengambil dari dalam tanah. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com